Doyan Makan Pisang, Manfaatnya Dirasakan Jantung Hingga Saluran Cerna

M. Reza Sulaiman
Doyan Makan Pisang, Manfaatnya Dirasakan Jantung Hingga Saluran Cerna
Doyan makan pisang, manfaatnya dirasakan jantung hingga saluran cerna. (Shutterstock)

Selain harganya yang terjangkau, buah pisang juga memiliki banyak manfaat. Apa saja?

Suara.com - Doyan Makan Pisang , Manfaatnya Dirasakan Jantung Hingga Saluran Cerna

Anda doyan makan pisang ? Berbahagialah, karena Anda termasuk orang yang mendapat manfaat sehat dari buah berwarna kuning ini.

Selain harganya yang terjangkau, buah pisang juga memiliki banyak manfaat. Mulai dari jantung hingga saluran cerna mendapatkan manfaat sehat jika Anda doyan makan pisang.

Nah, dilansir Himedik dari Medical Daily, berikut 5 manfaat doyan makan pisang:

1. Saluran cerna

Sekitar 70 persen serat tidak larut ditemukan dalam pisang. Serat ini membantu makanan bergerak dengan cepat dan mudah melalui lambung dan usus.

Jika kamu mengalami sembelit, makan pisang bisa membantu meredakan gejalanya. Pisang juga merupakan sumber prebiotik yang bermanfaat bagi bakteri baik dalam usus.

2. Tidur lebih nyenyak

Jika kamu sering gelisah dan sulit tidur, kamu bisa konsumsi pisang sebelum tidur. Menurut Forbes, buah ini mengandung asam amino L-tryptophan yang akhirnya dikonversi menjadi serotonin. Neurotransmitter berperan dalam peningkatan suasana hati serta pengaturan siklus tidur dan bangun.

Sebuah penelitian pada 2013, peserta menunjukkan peningkatan kadar melatonin dalam darah mereka sekitar dua jam setelah makan pisang. Melatonin, yang dikenal sebagai hormon tidur, juga membantu mengatur ritme sirkadian.

Buah pisang punya banyak manfaat. (Shutterstock)
Buah pisang punya banyak manfaat. (Shutterstock)

3. Jantung yang lebih sehat

Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung kalium. Satu pisang ukuran sedang diperkirakan mengandung 422 miligram kalium yang merupakan 12 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Nutrisi ini menjadikannya makanan ringan yang menyehatkan jantung dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

4. Produktivitas meningkat

Sebuah studi pada 2012 menemukan bahwa pisang bisa mengurangi stres oksidatif dan membantu meningkatkan kinerja atlet pria dalam balap sepeda.

"Pisang memiliki lebih banyak nutrisi daripada minuman olahraga dan memiliki campuran gula alami yang lebih sehat dengan antioksidan," kata Cynthia Sass, MPH, RD, editor nutrisi yang berkontribusi di Health.

5. Atasi mual saat hamil

Satu pisang berukuran sedang dapat memberikan 0,43 miligram vitamin B6. Nutrisi ini penting untuk perkembangan otak bayi selama kehamilan.

Vitamin B6 dapat memberikan manfaat lain selama trimester pertama menurut Anar Allidina, ahli diet terdaftar dari Kanada.

"Makan pisang selama minggu-minggu awal kehamilan dapat membantu mengatasi mual yang dialami banyak wanita," tuturnya. (Himedik/Yuliana Sere)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS