Ekstensi Bulu Mata Berujung Petaka, Kulit Kelopak Mata Malah Tercabut

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Ekstensi Bulu Mata Berujung Petaka, Kulit Kelopak Mata Malah Tercabut
Ilustrasi ekstensi bulu mata. [shutterstock]

Bahaya ekstensi bulu mata jika tidak ditangani seorang profesional.

Suara.com - Ekstensi bulu mata menjadi salah satu solusi bagi seseorang yang ingin mempunyai bulu mata panjang nan lentik. Penggunaan ekstensi bulu mata juga seharusnya dibarengi dengan perawatan lain agar bulu mata tetap indah dan tidak menimbulkan masalah lain.

Seperti sebuah foto yang baru-baru ini beredar di media sosial Instagram. Dalam foto yang diunggah akun @rumpii_asiik, terlihat bagaimana dampak dari penggunaan ekstensi bulu mata jika tidak dirawat dengan baik.

Pada foto yang diunggah @rumpii_asiik, tampak bagaimana kulit yang menempel pada lem ikut terangkat saat bulu mata hasil ekstensi dilepaskan dari bulu mata asli.

Risiko bulu mata extension (instagram/@rumpii_asiik)
Risiko ekstensi bulu mata. (instagram/@rumpii_asiik)

Tidak hanya itu, bulu mata asli juga ikut tercabut dari kelopak mata. Ternyata, ini merupakan salah satu dari risiko penggunaan ekstensi bulu mata.

Melansir Cosmopolitan, asisten profesor oftalmologi di Baylor College of Medicine di Houston, Zaina Al-Mohtaseb, MD mengungkapkan ekstensi bulu mata berisiko menyebabkan alopecia traksi, yaitu bulu mata alami rontok akibat berat konstan dari prosedur serupa yang berulang.

"Biasanya dibutuhkan bertahun-tahun aplikasi yang buruk dan perawatan yang tidak tepat untuk kerusakan bulu mata jangka panjang sebagai akibatnya," kata Andra Marin, Direktur Artistik dan ahli penata bulu mata di Courtney Akai Lash Butik di NYC.

Risiko bulu mata extension (instagram/@rumpii_asiik)
Risiko ekstensi bulu mata. (instagram/@rumpii_asiik)

Hal yang seharusnya diperhatikan sebelum menggunakan ekstensi bulu mata adalah lemnya, yakni apakah aman untuk mata atau tidak. Lem bisa jadi berbahaya apabila mengandung bahan seperti formaldehyde.

Selain itu, penting untuk memahami perbedaan antara reaksi alergi dan infeksi.

Agar tidak terjadi risiko tak menyenangkan ini, sangat penting untuk memasang bulu mata palsu dengan jasa profesional. Sebab, mereka akan memerhatikan alat dan bahan yang digunakan.

Seorang yang tidak berpengalaman umumnya sering menggunakan satu bulu mata sintetis untuk tiga sampai empat bulu mata alami. Hal itu menyebabkan gumpalan atau bulu mata rusak dan rontok.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS