Jus Buah Justru Tingkatkan Risiko Kematian Dini, Ini Kata Peneliti

Rima Sekarani Imamun Nissa, Shevinna Putti Anggraeni

Minggu, 19 Mei 2019 | 10:52 WIB
Jus Buah Justru Tingkatkan Risiko Kematian Dini, Ini Kata Peneliti
Jus buah tingkatkan kematian (Shutterstock)

Suara.com - Selama ini orang mengira jus buah minuman yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, penelitian terbaru justru mengungkap jus buah sama buruknya dengan minuman bersoda.

Silansir dari Daily Mail, minum jus buah sama buruknya dengan mengonsumsi minuman bersoda bagi kesehatan tubuh dan cenderung menyebabkan kematian dini.

Sebuah studi baru menemukan adanya peningkatan risiko kematian dini pada orang yang serng mengonsumsi jus buah atau jus manis.

Pertama-tama, penelitian di Amerika Serikat membandingkan 100 persen jus buah manis dengan minuman bersoda seperti cola dan lemonade.

Hasilnya, mereka menemukan jus buah dan minuman kemasan seperti cola sama-sama meningkatkan risiko kematian dini. Meskipun begitu, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Ilustrasi jus buah. [Shutterstock]
Ilustrasi jus buah. [Shutterstock]

Seorang ahli berusaha mengatakan bahwa satu gelas jus buah sekitar 150 ml per hari tidak memberikan risiko apapun. Namun, penelitian terhadap jus buah pada kesehatan tetap harus dilakukan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) pun dilakukan dengan menganalisis 13.440 orang. Mereka melakukan survei seberapa sering orang-orang mengonsumsi minuman bersoda dan jus buah 100 persen setiap harinya.

Ternyata mereka yang mengonsumsi minuman bersoda sekitar 350 ml memiliki risiko kematian dini 11 persen. Lebih kecil dari orang yang terbiasa minum jus buah 350 ml dengan risiko kematian hingga sekitar 24 persen.

"Hasil ini menunjukkan konsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi, termasuk jus buah, berkaitan dengan tingkat kematian," kata para peneliti dari Emory University di Atlanta dan Cornell University di New York.

baca juga

Sebab, kandungan nutrisi pada jus buah sangat mirip dengan minuman bersoda atau kemasan. Meskipun gula dalam jus buah lebih alami, tetapi kandungan gula yang diproses dalam tubuh dan respons biokimiawinya adalah sama.

Ilustrasi ragam jus buah. (Shutterstock)
Ilustrasi ragam jus buah. (Shutterstock)

Para peneliti kemudian juga mencari tahu penyebab peningkatan risiko kematian, salah satunya faktor obesitas yang menunjukkan bahwa minuman manis meningkatkan resistensi insulin.

Faktor lainnya, mengonsumsi fruktosa mengubah kadar lipid darah, tanda-tanda peradangan, dan tekanan darah. Di sisi lain, konsumsi glukosa berlebih juga telah dikaitkan dengan resistensi insulin dan diabetes.

Dr. Gunter Kuhnle, profesor di bidang nutrisi dan kesehatan di University of Reading beranggapan penelitian ini sangat penting. Pasalnya, sejauh ini jus buah dipandang sebagai minuman menyehatkan.

Jus buah memang memberikan vitamin dan serat yang tidak dianggap sebagai minuman manis. Hanya saja, jus buah tidak cukup untuk menangkal kandungan gula.

Oleh karena itu, tingkat kematian akibat jus buah berkaitan dengan penyakit diabetes, obesitas, dan faktor lainnya. Meski demikian, mengonsumsi satu gelas jus buah tidak akan memberikan dampak berbahaya secara langsung.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Sering Begadang Hingga Larut Malam, Risikonya Kematian Dini

Sering Begadang Hingga Larut Malam, Risikonya Kematian Dini

Health | Jum'at, 10 Mei 2019 | 20:45 WIB

Minuman Diet Kola yang Rendah Kalori Ternyata Juga Tak Baik Bagi Kesehatan

Minuman Diet Kola yang Rendah Kalori Ternyata Juga Tak Baik Bagi Kesehatan

Health | Minggu, 05 Mei 2019 | 07:25 WIB

Dikira Minuman Bersoda, Bocah Ini Tewas Tenggak Sianida

Dikira Minuman Bersoda, Bocah Ini Tewas Tenggak Sianida

Lifestyle | Sabtu, 04 Mei 2019 | 07:55 WIB

Terkini

Rekam Jejak Jebolan Liga India yang Jadi Pelatih Anyar Bhayangkara FC Gantikan Paul Munster

Rekam Jejak Jebolan Liga India yang Jadi Pelatih Anyar Bhayangkara FC Gantikan Paul Munster

Bola | Rabu, 12 Agustus 2026 | 20:35 WIB

Kata BMKG, Penurunan Kualitas Udara Pekanbaru Bukan karena Karhutla

Kata BMKG, Penurunan Kualitas Udara Pekanbaru Bukan karena Karhutla

Riau | Rabu, 12 Agustus 2026 | 20:30 WIB

KMP Putri Yasmin Terbakar, 212 Orang Dievakuasi, SAR Masih Cari Korban

KMP Putri Yasmin Terbakar, 212 Orang Dievakuasi, SAR Masih Cari Korban

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 20:29 WIB

Bos BI Berganti, Grace Natalie PSI Tegaskan Independensi Institusi Tak Boleh Goyah

Bos BI Berganti, Grace Natalie PSI Tegaskan Independensi Institusi Tak Boleh Goyah

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 20:26 WIB

DPRD DKI Soroti Izin Penjualan Miras di Festival Musik, Buntut Kasus Viral The Sounds Project

DPRD DKI Soroti Izin Penjualan Miras di Festival Musik, Buntut Kasus Viral The Sounds Project

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 20:20 WIB

Bosan Lari Gitu-Gitu Aja? Coba 5 Spot Jogging di Jogja Ini, Suasananya Asri Banget!

Bosan Lari Gitu-Gitu Aja? Coba 5 Spot Jogging di Jogja Ini, Suasananya Asri Banget!

Your Say | Rabu, 12 Agustus 2026 | 20:20 WIB

Luas Karhutla Riau Capai 15 Ribu Hektare Selama Januari-Juli 2026

Luas Karhutla Riau Capai 15 Ribu Hektare Selama Januari-Juli 2026

Riau | Rabu, 12 Agustus 2026 | 20:17 WIB

Proyek LRT City Masih Belum Jelas, Dony Oskaria Turun Tangan

Proyek LRT City Masih Belum Jelas, Dony Oskaria Turun Tangan

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 20:16 WIB

Petani Tebu Tetap Raih Cuan, Hasil Panennya Diserap Pabrik Gula

Petani Tebu Tetap Raih Cuan, Hasil Panennya Diserap Pabrik Gula

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 20:12 WIB

BGN: Makanan MBG Tak Layak Jangan Dimakan

BGN: Makanan MBG Tak Layak Jangan Dimakan

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 20:11 WIB

×