Kanker Paru Sutopo Menyebar, Organ Tubuh Apa Saja yang Bisa Diserang?

M. Reza Sulaiman
Kanker Paru Sutopo Menyebar, Organ Tubuh Apa Saja yang Bisa Diserang?
Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. (Suara.com/ Chyntia Sami)

Tagar #DoaBuatSutopo viral di media sosial setelah kanker yang dialami Sutopo BNPB menyebar ke tulang dan organ tubuh lain.

Suara.com - Kanker Paru Sutopo Menyebar, Organ Tubuh Apa Saja yang Bisa Diserang?

Tagar #DoaBuatSutopo viral di media sosial sejak kemarin. Hal ini dikarenakan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, saat ini tengah berjuang melawan kanker paru-paru stadium 4B yang diidapnya.

Untuk mengobati penyakitnya, Sutopo saat ini sedang berada di Guangzho, China.

"Hari ini saya ke Guangzho untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali," tulis Sutopo lewat akun sutopopurwo di Instagram.

Dilansir laman Hello Sehat, kanker paru memang masih menjadi penyakit dengan angka kematian paling tinggi menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kematian terjadi karena kanker paru merupakan penyakit yang mudah menyebar ke organ tubuh lain.

Ketika sel kanker sudah bertambah banyak, maka sel kanker akan mencari jalan untuk tetap hidup, dan menyebar ke organ lain lewat pembuluh darah. Kelenjar limfa, tulang, otak, dan liver menjadi organ tubuh yang paling rentan terserang sel kanker dari paru.

1. Kelenjar limfa

Kelenjar limfa merupakan organ pertama yang rentan terpapar sel kanker dari paru. Letaknya yang berdekatan dengan paru, membuat sel kanker sulit dideteksi tanpa adanya pemeriksaan medis khusus.

2. Tulang

Sekitar 30 persen kanker paru stadium lanjut menyebar ke bagian tulang tubuh. Bagian tulang yang biasanya terserang sel kanker paru adalah tulang belakang, tulang panggul, dan tulang di bagian tangan

Biasanya tanda kanker paru menyebar ke tulang adalah rasa nyeri yang dirasakan pada bagian tulang tertentu dan rasa sakit ini konstan tak hilang-hilang. Bila kanker menyerang tulang belakang, maka risiko kelumpuhan cukup besar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS