Tips Pertolongan Pertama Saat Anak Demam Setelah Main Seharian

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Tips Pertolongan Pertama Saat Anak Demam Setelah Main Seharian
Anak demam setelah bermain seharian, ini tips pertolongan pertamanya. (Shutterstock)

Anak demam setelah main seharian, ini tips pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

Suara.com - Anak Demam Setelah Main Seharian, Ini Tips Pertolongan Pertamanya

Anak Anda mengalami demam usai seharian bermain di luar ruangan? Jangan buru-buru dikompres dengan air ya!

Disampaikan dr Catharine May Sambo, Sp.A (K) selaku Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang
dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), biasanya demam setelah seharian bermain lebih dipicu karena dehidrasi atau kekurangan cairan.

Itu sebabnya kata dokter yang akrab disapa May ini, sebaiknya anak dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu untuk menilai penyebabnya. Jika setelah minum air putih suhu tubuh anak menurun maka penyebab demam yang dideritanya adalah dehidrasi.

"Dehidrasi itu bisa menaikkan suhu tubuh banget. Jadi anak pulang main demam tindakan pertama yang busa dilakukan banyak minum dulu. Setelah itu mau kompres pakai apa juga sebenarnya kalau dehidrasi terus minum nggak panas ya sudah selesai," ujarnya dalam temu media di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Dr May mengatakan jika suhu tubuh anak tak kunjung turun meski sudah diberi minum maka kemungkinan lainnya adalah infeksi. Nah pada kondisi demikian anak bisa diberi kompres air hangat.

"Reaksi tubuh melawan infeksi ada yang disebut pirogen. Ada senyawa lain di dalam tubuh sehingga tubuh akan berusaha meningkatkan suhu tubuh dalam titik tertentu. Selama suhu itu belum tercapai anak akan demam. Kalau kita kompres air dingin suhu asli tubuh nggak naik-naik sehingga panas anak nggak akan turun jadi harus pakai air hangat," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS