Obesitas Geser Rokok Sebagai Penyebab Kanker?

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Obesitas Geser Rokok Sebagai Penyebab Kanker?
Ilustrasi obesitas geser rokok sebagai penyebab kanker. (Shutterstock)

Bagaimana obesitas bisa menggeser rokok sebagai penyebab kanker?

Suara.com - Obesitas Geser Rokok Sebagai Penyebab Kanker?

Di Inggris, obesitas hampir menggeser rokok sebagai penyebab empat kasus kanker yaitu kanker usus, kanker ginjal, kanker hati dan kanker ovarium.

Hal itu diungkapkan oleh Cancer Research UK.

Dikatakan jutaan orang Inggris berisiko terkena kanker karena berat badan mereka. Apalagi dengan fakta bahwa orang obesitas melebihi jumlah perokok di sana dengan perbandingan dua banding satu.

Sayangnya, kampanye mengenai kegemukan yang terkait kanker malah menuai banyak kritik karena dituduh telah melakukan penghinaan pada orang gendut.

Tapi Cancer Research UK mengatakan kampanye tersebut bukan mau menyalahkan orang karena kelebihan berat badan, tapi hanya sekadar mengingatkan bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.

Dikatakan, kelebihan berat badan atau obesitas menyebabkan sekitar 22.800 kasus kanker setiap tahun sementara merokok menyebabkan 54.300 kasus kanker.

Merokok memang tetap menjadi penyebab utama masalah kanker yang dapat dicegah di Inggris dan obesitas ada di posisi kedua.

Tetapi tingkat merokok menurun, sementara obesitas meningkat dan hal tersebut telah diamini oleh para ahli kesehatan di sana.

Kelebihan berat badan atau obesitas memang tak selalu berarti seseorang yang gemuk akan mengembangkan kanker, tetapi obesitas dapat meningkatkan risiko mereka terkena kanker.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS