Studi: Kembali Bekerja Setelah Melahirkan dapat Mempertajam Ingatan Ibu

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Studi: Kembali Bekerja Setelah Melahirkan dapat Mempertajam Ingatan Ibu
Ilustrasi seorang ibu melahirkan (Shutterstock).

Bekerja sembari membesarkan anak disebut dapat mempertajam ingatan sang ibu di kemudian hari

Suara.com - Seorang ibu yang menyeimbangkan hidupnya antara bekerja dengan membesarkan anak-anak kemungkinan lebih cenderung mempunyai ingatan yang tajam di usia tua mereka, hasil sebuah penelitian.

Hasil dari sebuah studi menemukan, lebih dari 6000 perempuan yang menjadi ibu dan hanya tinggal di rumah menunjukkan ingatan mereka menurun 61% lebih cepat daripada temannya yang bekerja.

Para peneliti dari University of California, LA, ini percaya bahwa 'berpartisipasi dalam angkatan kerja' membuat perempuan 'terstimulasi secara mental'.

Pekerjaan bergaji juga dilengkapi dengan manfaat finansial dan sosial, tambah mereka.

"Meskipun masih awal, penelitian kami memberikan bukti bahwa partisipasi dalam angkatan kerja yang digaji dapat membantu mencegah penurunan daya ingat di kalangan wanita di Amerika Serikat," ujar pemimpin penelitian ini, Elizabeth Rose Mayeda, asisten profesor epidemiologi.

Ilustrasi bekerja, menjadi orang yang produktif, produktivitas. [Shutterstock]
Ilustrasi bekerja, menjadi orang yang produktif, produktivitas. [Shutterstock]

"Kemungkinan (manfaat lain) termasuk stimulasi mental, manfaat finansial dan manfaat sosial," sambungnya.

Penurunan daya ingat dapat menjadi tanda awal dari penyakit Alzheimer. Seperti yang dilaporkan oleh Asosiasi Alzheimer AS, dua pertiga pasien Alzheimer merupakan perempuan.

Melansir Daily Mail, ingatan perempuan yang sudah menikah dan mempunyai anak tetapi tidak melanjutkan bekerja dinilai menurun pada usia 60 dan 70 tahun.

Sedangkan mereka yang menjadi ibu tunggal dan tidak mempunyai pekerjaan mempunyai penurunan ingatan sebanyak 83% lebih cepat dalam usia yang sama.

"Mengurai hubungan antara pekerjaan dan penurunan daya ingat akan membantu menumbuhkan pemahaman kita tentang kesehatan otak dan cara terbaik untuk mempertahankannya," ujar kepala penelitian di Alzheimer's Research UK, Dr. Jana Vight.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS