Ketahui 5 Penyebab Mr P Berbau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya

M. Reza Sulaiman
Ketahui 5 Penyebab Mr P Berbau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Mr P berbau tak sedap. (Shutterstock)

Selain menghilangkan gairah bercinta, Mr P berbau tak sedap juga bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan serius.

Suara.com - Ketahui 5 Penyebab Mr P Berbau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya

Mr P berbau tak sedap bisa sangat mengganggu. Selain menghilangkan gairah bercinta, Mr P berbau tak sedap juga bisa menurunkan percaya diri lelaki.

Laman Medical News Today menyebut jika dibersihkan secara teratur, Mr P bisa terhindar dari bau tak sedap. Sudah membersihkan Mr P tapi bau tak sedap masih tercium, ini 5 kemungkinan penyebabnya.

1. Smegma

Smegma adalah akumulasi sel-sel kulit mati dan minyak tubuh yang membuatnya licin dan lembab. Tidak membersihkan Mr P dengan benar membuat smegma menumpuk, dan menimbulkan bau.

Kondisi ini lebih lazim dialami oleh lelaki yang tidak melakukan sirkumsisi alias sunat. Jika dibiarkan, penumpukan smegma bisa menyebabkan iritasi hingga infeksi bakteri.

2. Balanitis

Balanitis merupakan iritasi yang terjadi pada ujung Mr P. Balanitis bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari infeksi, penyakit psoriasis, hingga reaksi alergi terhadap obat, sabun, ataupun kondom.

Ilustrasi Mr P berbau tak sedap. (Shutterstock)
Ilustrasi Mr P berbau tak sedap. (Shutterstock)

3. Kencing nanah

Kencing nanah merupakan istilah umum untuk penyakit menular seksual gonore. Selain Mr P berbau tak sedap, pengidap kencing nanah juga memiliki gejala nyeri saat buang air kecil, nyeri di testis, hingga nanah yang keluar dari Mr P.

4. Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing bisa membuat Mr P berbau tak sedap. Hal ini terjadi karena bakteri atau virus yang masuk ke saluran kencing berkembang biak.

Selain bau tak sedap, pengidap infeksi saluran kencing juga merasakan nyeri saat buang air kecil dan air kencing berwarna merah keruh.

5. Infeksi ragi

Infeksi ragi terjadi ketika terlalu banyak jamur Candida yang tumbuh di area Mr P. Hal ini membuat Mr P berbau tak sedap, dan sederet masalah lainnya.

Pengidap infeksi ragi juga mengalami rasa gatal, iritasi, dan kulit kemerahan di area Mr P.

Cara mengatasi Mr P berbau tak sedap. (Shutterstock)
Cara mengatasi Mr P berbau tak sedap. (Shutterstock)

Cara mengatasi Mr P berbau tak sedap

Menjaga kebersihan diri, terutama di area selangkangan, merupakan langkah pertama untuk mencegah bau tak sedap pada Mr P.

Jika Anda mengalami Mr P berbau tak sedap, selalu cuci daerah selangkangan dengan sabun setiap hari dengan air hangat.

Pastikan juga daerah selangkangan kering sebelum menggunakan pakaian, agar Mr P tidak lembap. Sebab, daerah selangkangan yang lembap meningkatkan risiko munculnya jamur.

Bagi Anda yang sudah aktif secara seksual, jangan lupa untuk mencuci organ kelamin setelah bercinta.

Hindari pula pakaian ketat, karena dapat membuat keringat menumpuk di area Mr P dan memunculkan bau tak sedap.

Jika semua langkah sudah dilakukan namun Mr P masuh berbau tak sedap, sudah saatnya Anda menghubungi dokter untuk mencari pertolongan lanjutan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS