Belajar dari Nunung Srimulat, Efek Narkoba Lebih Besar Pada Pecandu Wanita!

Galih Priatmojo | Shevinna Putti Anggraeni
Belajar dari Nunung Srimulat, Efek Narkoba Lebih Besar Pada Pecandu Wanita!
Ilustrasi konsumsi narkoba. (Shutterstock)

Efek buruk narkoba lebih besar dan rentang pada pecandu wanita seperti Nunung Srimulat.

Suara.com - Nunung "Srimulat" menambah panjang daftar artis wanita yang menggunakan narkoba. Komedian usia 56 tahun ini mengaku mengonsumsi narkoba jenis sabu demi menjaga stamina tubuh.

Berdasarkan hasil pemeriksaan urine, Nunung Srimulat terbukti positif mengonsumsi narkoba jenis sabu. Nunung mengaku telah mengonsumsinya selam 5 bulan terakhir.

Padahal penggunaan narkoba lebih berisiko pada wanita daripada pria. Penelitian di Columbia dan Yale dilansir dari US News, menemukan wanita lebih mudah kecanduan dan rentan terhadap penggunaan narkoba.

Berikut ini 5 alasan wanita lebih rentan terhadap penyalahgunaan narkoba daripada pria meski sama-sama merasakan efek yang buruk.

1. Lebih rentan gangguan mental

Wanita yang mengonsumsi narkoba lebih rentang menderita gangguan mental seperti depresi dan kecemasan pada tingkat yang signifikan daripada pria.

Sebuah studi telah menyimpulkan bahwa wanita 40 persen lebih mungkin mengalami masalah kesehatan mental daripada pria akibat penyalahgunaan obat-obatan narkotika.

Ilustrasi daun ganja. (Shutterstock)
Ilustrasi daun ganja. (Shutterstock)

2. Memengaruhi estrogen

Studi 2014 di Washington State University menemukan bahwa narkoba lebih berpengaruh tinggi pada kadar estrogen tikus betina. Bahan aktif dalam narkoba ini yang meningkatkan kecemasan, paranoia dan kecanduan.

3. Lebih berisiko trauma dan mengalami diskriminasi

Pengunaan narkoba biasanya juga bersamaan dengan fenomena sosial bahwa wanita tersebut mengalami trauma atau diskriminasi. Karena, wanita memang lebih rentan mengalami kondisi tersebut yang akhirnya menyebabkan stres berat.

4. Rasa sakit berlebihan

Para ilmuwan yang telah meneliti kasus ini juga menemukan wanita lebih banyak mengalami rasa sakit di sekujur tubuh daripada pria setelah mengonsumsi narkoba. American Society of Addiction Medicine juga melaporkan bahwa wanita lebih mungkin mengalami nyeri kronis.

5. Mudah ketergantungan

Menurut peneliti Lauren C. Balmert dari University of Pittsburgh, wanita lebih rentang mengalami kecanduan narkoba lagi selama atau setelah proses pengobatan. Karena tingkat ketergantungan wanita lebih tinggi daripada pria.

Itulah 5 alasan wanita lebih rentan terhadap penyalahgunaan narkoba daripada pria meski sama-sama merasakan efek yang buruk.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS