Raditya Dika Derita Penyakit Autoimun, Cari Tahu Penyebab dan Gejalanya!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Raditya Dika Derita Penyakit Autoimun, Cari Tahu Penyebab dan Gejalanya!
Raditya Dika. (Dok: Kemenpar)

Inilah penyebab dan gejala penyakit autoimun seperti yang diderita Raditya Dika.

Suara.com - Beberapa waktu lalu, Raditya Dika bersama istri dan anaknya baru saja pergi ke Singapura. Bukan untuk liburan, Raditya Dika pergi ke Singapura untuk kontrol penyakitnya.

Dalam vlog channel Youtube miliknya, Raditya Dika mengaku punya penyakit autoimun. Oleh karena itu, ia harus kontrol kondisi kesehatannya setiap tahun ke Singapura.

"Hallo semua, hari ini kita mau ke Singapura. Karena gue mau check up setahun sekali untuk penyakit autoimun gue. Tiap tahun, gue selalu ke Singapura ke rumah sakit yang sama buat check up," kata Raditya Dika ketika membuka tayangan vlog tersebut.

Melansir dari Healthline, penyakit autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh Anda menyerang tubuh Anda sendiri.

Sistem kekebalan tubuh seharusnya melindungi dari kuman, seperti bakteri dan virus. Namun, sistem kekebalan tubuh orang yang menderita autoimun sulit membedakan sel asing dan sel sehat.

Penyebab dari penyakit autoimun ini pun belum diketahui pasti. Beberapa penyakit autoimun lebih rentan terjadi pada kelompok etnis tertentu.

Raditya Dika dan Anissa Aziza pergi ke Singapura (Instagram/@raditya_dika)
Raditya Dika dan Anissa Aziza pergi ke Singapura (Instagram/@raditya_dika)

Sedangkan penyakit autoimun seperti multiple sclerosis dan lupus biasanya menurun dari keluarga. Meskipun ada anggota keluarga yang tidak tertular, tetap ada kemungkinan mewariskan penyakit ini pada keturunannya.

Setiap penderita autoimun mengalami gejala unik masing-masing, mulai diabetes tipe 1 yang menyebabkan rasa haus ekstrem, penurunan berat badan, dan kelelahan. Lalu ada juga IBD yang menyebabkan sakit perut, kembung dan diare.

Adapun gejala penyakit autoimun yang paling umum antara lain:

Kamar Alinea Ava Nasution. (YouTube/Raditya Dika)
Raditya Dika. (YouTube/Raditya Dika)

1. Kelelahan
2. Otot pegal
3. Bengkak dan kemerahan
4. Demam ringan
5. Kesulitan berkonsentrasi
6. Mati rasa
7. Ruam kulit
8. Rambut rontok

Namun, gejala penyakit autoimun tersebut bisa datang dan pergi seiring waktu. Pada satu periode, mungkin gejalanya akan sangat terasa. Lalu, ada masa akan menghilang yang disebut remisi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS