Bumil, Ini Pola Makan Anti Mual di Trimester Pertama

Vania Rossa
Bumil, Ini Pola Makan Anti Mual di Trimester Pertama
Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)

Yuk, lawan mual dengan pola makan berikut.

Suara.com - Anda yang sedang hamil trimester pertama, pasti merasakan betapa tak nyamannya mengalami morning sickness atau mual dan muntah. Tak hanya di pagi hari, mual bahkan bisa dirasakan sepanjang hari.

Memang, sih, ini umum terjadi pada perempuan hamil. Tapi, kalau dibiarkan dan tak diatasi, mual dan muntah bisa mengganggu aktivitas Anda. Lalu, adakah cara untuk melawan mual?

Ada. Beberapa cara mungkin sudah pernah Anda praktikkan, misalnya saja makan permen jahe atau minum air jahe, mengoleskan minyak kayu putih, parutan bawang, dan lainnya.

Nah, kali ini, coba cara yang tak sekadar menghilangkan mual untuk sesaat, tapi membantu menguranginya sepanjang hari, agar hidup Anda lebih nyaman. Caranya, dengan mengatur pola makan. Seperti apa? Ini dia seperti dilansir dari laman Parents.

Pagi
Bangun tidur, langsung minum air putih dan makan selembar crackers. Perut kosong biasanya akan memicu mual, makanya disarankan Anda langsung mengisi perut begitu bangun tidur. Satu jam kemudian, atau sebelum Anda mulai beraktivitas, Anda bisa melanjutkannya dengan sarapan versi lengkap.

Pukul 10.00
Camilan seperti roti keju, beberapa lembar crackers, atau sekotak susu UHT, bisa jadi pengganjal perut yang menyelamatkan Anda dari serangan mual.

Siang Hari
Minum air setengah jam sebelum waktu makan siang dan sesudah makan, tetapi jangan dibarengi dengan makanan. Jangan langsung makan berat. Disarankan untuk menyantap makan siang Anda sedikit-sedikit. Misal, dimulai dari lauknya.

Pukul 15.00
Boleh ngemil kue, baik asin atau manis tergantung selera Anda. Segelas teh hangat juga bisa membantu meredakan pusing dan mual di sore hari.

Malam Hari
Hhindari makanan pedas dan berminyak untuk makan malam. Ini bisa bikin perut Anda berontak. Lebih baik, pilih makanan yang tidak bercitarasa kuat dan tidak memiliki bau yang kuat. Jika terbangun di tengah malam dan merasa kelaparan, makanlah camilan yang tidak terlalu berlemak atau manis.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS