5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Cegah Bau Mulut Hingga Atasi Stres

Silfa Humairah Utami
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Cegah Bau Mulut Hingga Atasi Stres
Ilustrasi mengonsumsi permen karet. (Foto: shutterstock)

Selain cegah gigi berlubang, apalagi manfaat mengunyah permen karet?

Suara.com - 5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Cegah Bau Mulut Hingga Atasi Stres.

Permen karet banyak disukai bukan hanya anak kecil tapi juga orang dewasa. Mengunyah permen karet ternyata tidak hanya membantu Anda membersihkan gigi dan membuat napas menjadi lebih segar.

Masih ada banyak manfaat tak terduga yang akan Anda peroleh dari mengunyah permen karet, baik bagi kesehatan mulut, tubuh, hingga pikiran.

Beberapa jenis permen karet mengandung bahan yang bermanfaat bagi kesehatan gigi. Selain itu, gerakan mulut saat mengunyah juga akan memberikan efek tidak langsung bagi kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengunyah permen karet dilansir Hello Sehat:

1. Mencegah gigi berlubang

Mengunyah permen karet dapat memicu produksi air liur. Air liur akan membersihkan sisa makanan pada celah gigi, menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri, serta membawa antibodi untuk melawan kuman penyebab gigi berlubang.

Anda dapat memperoleh manfaat tersebut dengan mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit setiap hari. Anda juga bisa memilih permen karet dengan pemanis buatan yang aman bagi gigi seperti aspartam, xylitol, sorbitol, atau mannitol.

2. Mencegah bau mulut

Masalah bau mulut bersumber dari gigi berlubang dan membusuk, kotoran pada mulut, serta zat buangan yang dihasilkan dari pencernaan bakteri. Kombinasi ketiganya menghasilkan senyawa kimia yang menimbulkan bau tidak sedap.

Manfaat lain yang tak terduga dari makan permen karet adalah mencegah bau mulut. Produksi liur yang meningkat saat mengunyah permen karet akan menjaga mulut dan gigi bersih dari bakteri sehingga Anda terhindar dari bau mulut.

3. Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menemukan bahwa makan permen karet selama beraktivitas dapat meningkatkan berbagai fungsi otak. Fungsi tersebut antara lain kewaspadaan, ingatan, pemahaman, hingga kemampuan mengambil keputusan.

Hubungan antara manfaat mengunyah permen karet dan fungsi otak belum dipahami secara pasti. Namun, para pakar meyakini bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju otak. Jika aliran darah memadai, otak bisa bekerja secara optimal.

4. Mengurangi stres dan rasa cemas

Mengunyah permen karet dapat meredakan stres dan cemas dengan cara mengurangi hormon kortisol yang menjadi pemicunya. Selain itu, mengunyah juga memberikan efek menenangkan dan secara alamiah mengurangi rasa cemas berlebihan.

Beberapa orang mungkin melakukan kebiasaan tertentu seperti menggigit kuku atau gemetar saat stres dan cemas. Manfaat lain dari mengunyah permen karet adalah menjadi pengganti dari kebiasaan-kebiasaan ini sehingga Anda menjadi lebih rileks.

5. Mencegah naiknya asam lambung (refluks asam lambung)

Refluks asam lambung terjadi ketika asam lambung naik menuju kerongkongan sehingga menyebabkan iritasi pada saluran tersebut. Gejala utamanya adalah perih pada perut bagian atas serta rasa asam pada mulut.

Saat makan permen karet, produksi liur akan meningkat. Bertambahnya produksi liur dapat mengubah pH liur menjadi basa dan membuat Anda lebih sering menelan. Hasilnya, asam lambung menjadi netral jika asam tersebut naik ke kerongkongan sehingga iritasi pada kerongkongan ikut berkurang.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari mengunyah permen karet. Namun, pastikan Anda memilih permen karet tanpa gula dan tidak mengunyahnya secara berlebihan.

Wah, ternyata banyak ya manfaat mengunyah permen karet. Jadi harus punya stok di kantong saku nih.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS