Idap Kelainan Makan, Perut Wanita 22 Tahun Penuh Perhiasan Seberat 1,6 Kg!

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Idap Kelainan Makan, Perut Wanita 22 Tahun Penuh Perhiasan Seberat 1,6 Kg!
Operasi bedah [shutterstock]

Bahkan jika diuangkan, harga perhiasan di perut Runi Khatun ini mencapai Rp923 juta!

Suara.com - Kelainan gangguan makan tidak hanya anoreksia saja, namun juga beberapa jenis lainnya. Salah satunya adalah pica.

Pica merupakan kondisi ketika seseorang selalu ingin mengonsumsi benda yang bukan makanan dan tidak mengandung nilai gizi, seperti rambut, koin atau puntung rokok. Inilah yang terjadi seorang wanita bernama Runi Khatun (22) asal India.

Runi dilarikan ke rumah sakit dengan keluhan sakit perut dan mengatakan seminggu terakhir dirinya selalu muntah setiap kali makan.

Setelah dilakukan pemeriksaan CT Scan, dokter menemukan ada banyak logam di perutnya dan harus melakukan pembedahan untuk mengangkat benda tersebut. Ketika operasi, betapa terkejutnya ahli bedah di Rampurhat Government Medical College and Hospital.

Mereka menemukan 69 rantai, 80 anting-anting, 90 koin, 11 cincin hidung, 4 kunci, jam tangan, dua koin perak, 8 bandul kalung, dan lima gelang kaki.

Sebagian besar perhiasan tersebut terbuat dari tembaga dan kuningan. Sedangkan beberapa lainnya adalah emas yang beratnya 1,6 kilogram! Berdasarkan kepala departemen bedah, Dr Siddhartha Biswas, Runi dirawat pada 16 Juli 2019 lalu.

CT Scan perut Runi Khatun (Instagram/med_life)
CT Scan perut Runi Khatun (Instagram/med_life)

"Pasien tampak lemah dan kurus pada saat dia dirawat di rumah sakit. Kondisinya sangat kritis sehingga Runi membutuhkan setidaknya 5 kantong darah," ujar Dr Biswas, melansir The Sun.

Ia menambahkan, sebelum operasi Runi tidak bisa mengonsumsi makanan fisik sehingga tim medis harus memberikan Total Parenteral Nutrition (TPN) melalui mulutnya.

TPN merupakan cara memasok semua kebutuhan nutrisi tubuh dengan memintas sistem pencernaan dan memberikan larutan nutrisi langsung ke pembuluh darah.

Perhiasan di dalam perut Runi Khatun (Instagram/med_life)
Perhiasan di dalam perut Runi Khatun (Instagram/med_life)

Operasi itu berlangsung selama hampir satu jam lebih lima belas menit dan para dokter berhasil mengeluarkan seluruh logam serta perhiasan dari perutnya. Dr Biswas mengatakan kondisi Runi stabil setelah operasi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS