Alami Tekanan Darah Tinggi? Ini Cara Mengontrolnya tanpa Obat-obatan

Vika Widiastuti
Alami Tekanan Darah Tinggi? Ini Cara Mengontrolnya tanpa Obat-obatan
Ilustrasi pemeriksaan tekanan darah, hipertensi jas putih. (Shutterstock)

Salah satunya adalah batasi asupan kafein!

Suara.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi perlu diwaspadai. Penyakit ini biasanya muncul tanpa gejala jangka panjang, tetapi bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa.

Mengonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah bisa menjadi salah satu cara. Namun, ternyata ada beberapa asupan yang bisa meningkatkan kinerja obat, bahkan bisa bertahap mengurangi ketergantungan terhadap obat.

Berikut beberapa hal kecil yang bisa membawa pengaruh positif pada gaya hidup Anda seperti dilansir dari thehealthsite.

1. Kalium

Jika ginjal Anda baik-baik saja, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi lebih banyak kalium. Anda juga perlu mengurangi asupan garam.

Kalium tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah, tetapi juga meredakan ketegangan di pembuluh darah. Beberapa makanan yang kaya kalium seperti yogurt, pisang, bayam, dan kentang manis.

Ilustrasi pisang. (Shutterstock)
Ilustrasi pisang. (Shutterstock)

2. Diet rendah karbohidrat

Untuk mengontrol tekanan darah, Anda tidak hanya perlu mengurangi asupan garam,  tetapi juga perlu hati-hati saat mengonsumsi karbohidrat dan gula.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah karena lebih sedikit tekanan pada jantung dan membantu penurunan berat badan.

Selain itu, Anda juga akan merasa lebih kenyang dengan diet rendah karbohidrat sehingga membatasi asupan makanan.

3. Cokelat hitam

Sedikit cokelat hitam baik untuk tubuh. Seperti yang diungkapkan beberapa penelitian bahwa mengonsumsi cokelat hitam bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mencegah penyakit jantung.

Kakao memiliki kandungan flavonoid yang membantu melebarkan pembuluh darah. Jadi mengonsumsinya dalam jumlah sedang, baik untuk pasien hipertensi.

Ilustrasi makan cokelat gelap (dark chocolate). (Shutterstock)
Ilustrasi makan cokelat gelap (dark chocolate). (Shutterstock)

4. Batasi asupan kafein

Kafein bisa memberi energi instan dan meningkatkan pembuluh darah. Meski hanya sementara, itu bisa berbahaya untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi kafein. Anda bisa mencoba kopi tanpa kafein untuk memuaskan keinginan untuk minum kopi.

Meski kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami tekanan darah tinggi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS