Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Punya Sakit Maag Tidak Boleh Diet, Mitos atau Fakta?

Silfa Humairah Utami
Punya Sakit Maag Tidak Boleh Diet, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi memiliki sakit maag lakukan diet. [Shutterstock]

Apakah boleh punya sakit maag tapi mau diet?

Suara.com - Punya Sakit Maag Tidak Bisa Diet, Mitos atau Fakta?

Ingin mencoba program diet namun takut bermasalah dengan penyakit maag yang Anda miliki? Pasalnya terlambat makan sedikit saja, gejala asam lambung langsung kambuh dan bikin perut terasa perih.

Padahal, Anda mungkin ingin diet untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Sebenarnya, apakah orang dengan sakit maag benar-benar tidak boleh diet? Kalau boleh, bagaimana cara amannya? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Sebelum memutuskan untuk diet, Anda harus tahu dulu apa arti diet sebenarnya. Banyak orang yang menganggap bahwa diet adalah usaha membatasi makanan yang masuk sesedikit mungkin supaya berat badan cepat turun. Padahal, anggapan ini kurang tepat, lho.

Diet adalah cara yang dilakukan untuk mengatur jumlah dan memilih makanan untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya menurunkan berat badan, mengendalikan kadar kolesterol tubuh, hingga mempercepat penyembuhan penyakit tertentu.

Memang tidak sepenuhnya salah jika Anda ingin membatasi asupan makanan dengan diet. Akan tetapi, ini bukan berarti Anda lantas memaksakan diri untuk makan dalam porsi yang sangat sedikit dari biasanya.

Orang yang menderita sakit maag tentu tidak akan kuat diet kalau harus membatasi porsi makannya, sebab sekali saja terlambat makan, perut akan terasa mulas karena asam lambung naik.

Sebetulnya, orang yang punya sakit maag boleh diet seperti orang normal lainnya, kok. Apalagi bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan, diet bisa jadi cara yang tepat untuk mendapatkan berat badan ideal, meskipun punya sakit maag.

Yang terpenting, perhatikan lagi cara diet yang Anda jalani. Ingat, walaupun sedang diet, Anda harus tetap makan teratur supaya gejala asam lambung tidak kambuh. Bahkan jika dilakukan dengan cara yang benar, diet juga bisa membantu meringankan gejala maag, lho.

Panduan diet aman untuk orang dengan sakit maag

Walaupun orang dengan sakit maag boleh menjalani diet, tapi ada beberapa hal yang tetap perlu Anda perhatikan. Kuncinya adalah seimbangkan antara asupan makanan dan energi yang dikeluarkan setiap hari.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS