Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Viral Begadang Bikin Tubuh Sulit Lakukan Detoksifikasi, Mitos Atau Fakta?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Viral Begadang Bikin Tubuh Sulit Lakukan Detoksifikasi, Mitos Atau Fakta?
Begadang bisa bikin tubuh tidak bisa detoksifikasi, mitos atau fakta? (Dok. Suara.com)

Begadang bisa bikin tubuh tidak bisa detoksifikasi, mitos atau fakta? Ini penjelasan pakar.

Suara.com - Viral Begadang Bikin Tubuh Sulit Lakukan Detoksifikasi, Mitos Atau Fakta?

Berbagi informasi seputar kesehatan dan tips sehat boleh-boleh saja. Hanya, pastikan informasi yang Anda bagikan tepat dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Baru-baru ini, pesan broadcast di aplikasi WhatsApp seputar jam-jam saat tubuh melakukan detoksifikasi viral di media sosial. Disebutkan dalam broadcast tersebut, kerugian begadang karena pada jam-jam tertentu, tubuh sedang melakukan detoksifikasi.

Berikut bunyi pesan broadcast yang viral:

Ini info bagus agar tidak tidur larut malam dan bangun lebih awal

Para dokter di Rumah Sakit Nasional Taiwan melakukan penemuan terbaru, penyebab utama kerusakan hati adalah tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang.

Jangan tidur lewat dari jam 22.00 malam, karena malam hari Pk. 23.00 s/d dini hari Pk. 01.00 adalah Proses Pembersihan(detox) di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Pk. 01.00 s/d 03.00 Proses Pembersihan di bagian Empedu dalam kondisi tidur.

Pk. 03.00 s/d 05.00 Proses Pembersihan bagian Paru-paru. Nah...ini pas waktu bangun untuk tahajud dan tarik napas dalam2 menghirup udara pagi.

Pk. 05.00 s/d 07.00 Proses Pembersihan bagian Usus Besar, sebaiknya Buang Air Besar...

Pk. 07.00 s/d 09.00 Proses Penyerapan Gizi bagi Usus Halus, jadi harus makan pagi.

Begadang & bangun terlalu siang mengacaukan Metabolisme tubuh. Selain itu dari tengah malam s/d Pk. 04 dini hari adalah waktu bagi Sumsum Tulang Belakang utk memproduksi darah.

Kirim ke orang-orang yg kamu sayangi. Penting buat yang suka begadang.. Bagi ini ke orang-orang terdekat Anda. Kebaikan hati tidak pernah merugikan kita.

Semoga bermanfaat Untuk Kita Semua!!!!

Penjelasan Pakar

Penelusuran Suara.com menemukan bahwa broadcast ini sudah beredar sejak tahun 2011, namun sempat kembali populer di tahun 2017. Sejumlah blog menulis ulang pesan ini, yang pada akhirnya menjadi populer di media sosial.

Ilustrasi seorang lelaki begadang atau kerja lembur di kantor. (Shutterstock)
Ilustrasi seorang lelaki begadang atau kerja lembur di kantor. (Shutterstock)

Untuk mengetahui kebenaran pesan ini, Suara.com menghubungi Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH. Prof Ari, yang juga merupakan pakar kesehatan saluran cerna, menyebut informasi tersebut hanyalah pesan yang dihubung-hubungkan tanpa ada penjelasan ilmiah.

"Nggak ada hubungannya, nanti orang nggak bisa jaga malam. Orang masih boleh kalau dia bertugas jaga malam dia begadang kaya dokter, cuma dia konversi paginya dia istirahat jam tidur," ungkap Prof Ari, seperti ditulis Kamis (10/10/2019).

Ingin tahu lebih lanjut penjelasan pakar dan kesimpulan broadcast viral ini? Cek halaman selanjutnya ya!

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS