Jangan Khawatir Kulit Selulit, Atasi Pakai 4 Macam Minyak Esensial Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Khawatir Kulit Selulit, Atasi Pakai 4 Macam Minyak Esensial Ini
Minyak esensial (Shutterstock)

Daftar minyak esensial yang terbuat dari bahan alami untuk mengatasi kulit selulit.

Suara.com - Selulit menjadi salah satu masalah kulit yang cukup menganggu kepercayaan diri wanita. Masalah kulit seperti ini hampir memengaruhi sekitar 90 persen wanita.

Penyebab selulit pun cukup banyak, mulai riwayat pernah melahirkan, bentuk tubuh yang mudah kurus dan gemuk serta banyak hal lainnya.

Jika sudah mengalami selulit, biasanya wanita akan mencari perawatan kecantikan terbaik untuk mengatasinya. Padahal Anda juga bisa menggunakan minyak-minyak esensial untuk mengatasi masalah ini.

Melansir dari Healthy Life Tricks, ada banyak jenis minyak esensial yang bisa mengatasi masalah kulit selulit. Mulai minyak kayu manis hingga minyak astiri, berikut ulasannya.

1. Minyak kayu manis

Selain aromanya yang menyenangkan, minyak kayu manis adalah pengencang dan stimulan alami yang sangat efektif dalam mengatasi selulit.

Caranya, pijat bagian selulit menggunakan 100 ml minyak kayu manis yang dicampur 10 tetes minyak rosemary. Oleskan campuran tersebut setelah mandi dan pijat kulit selulit dengan gerakan memutar. Lakukan setiap malam selama satu bulan.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi selulit. (Shutterstock)

2. Minyak grapefruit

Minyak grapefruit seringkali dimanfaatkan sebagai perawatan wajah. Tetapi, Anda juga bisa menggunakannya untuk merawat selulit karena minyak grapefruit memiliki retensi air.

Caranya, campurkan 30 ml minyak grapefruit, 3 tetes minyak lemon dan 5 tetes minyak lavender. Oleskan campuran tersebut pada kulit selulit setelah mandi selama 20 menit sambil pijat dengan gerakan melingkar. Ulangi cara ini rutin 2 kali seminggu.

3. Minyak cabai dan tanah liat

Minyak cabai juga ampuh mengatasi selulit, meningkatkan sirkulasi darah dan membakar kelebihan lemak.

Caranya, campurkan 10 tetes minya cabai dengan 50 gram tanah liat hijau dan air mineral secukupnya. Oleskan campuran tersebut di area selulit lalu biarkan selama 30 menit. Lakukan perawatan alami ini setidaknya dua kali seminggu.

Ilustrasi minyak esensial (shutterstock)
Ilustrasi minyak esensial (shutterstock)

4. Minyak atsiri bijak

Kandungan vitamin B3 dan asam caffeic dalam minyak atsiri mampu mengatasi masalah selulit serta menghancurkan sel-sel lemak. Selain itu, minyak esensial ini juga berguna melembutkan kulit dan bekas luka.

Caranya, oleskan 4 hingga 5 tetes minyak atsiri pada area selulit lalu pijat dengan gerakan memutar. Ada baiknya mengoles setelah mandi dan membilasnya pakai air hangat. Anda bisa melakukan perawatan ini 3 kali seminggu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS