Ketahui 5 Manfaat Kesehatan Minyak Zaitun, Bisa Cegah Kanker dan Stroke!

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ketahui 5 Manfaat Kesehatan Minyak Zaitun, Bisa Cegah Kanker dan Stroke!
Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)

Ada banyak manfaat kesehatan dari minyak zaitun yang tidak terduga, seperti mencegah kanker dan stroke.

Suara.com - Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Minyak zaitun adalah cairan yang diperoleh dari buah zaitun.

Selain untuk perawatan kecantikan, minyak zaitun biasa digunakan dalam memasak, baik untuk menggoreng atau saus salad. Bahkan tak sedikit pula yang mengambil manfaat kesehatan dari minyak zaitun.

Sebuah penelitian dilansir dari oliveoiltimes.com, mengungkapkan lebih banyak manfaat kesehatan dari minyak zaitun yang tidak terhitung jumlahnya. Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahuinya maupun memahami cara penggunaannya.

1. Mencegah dan membunuh sel kanker

Kandungan fitonutrien dalam minyak zaitun, oleocanthal sama seperti efek ibuprofen dalam mengurangi peradangan. Selain itu, fitonutrien minyak zaitun juga bisa mengurangi risiko kanker payudara dan mencegah kekambuhannya.

Squalene dan lignan adalah beberapa komponen minyak zaitun lainnya yang sedang dipelajari kemungkinan pengaruhnya terhadap kanker, salah satunya dalam pencegahan kanker kulit.

Minyak zaitun (shutterstock)
Minyak zaitun (shutterstock)

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Secara tradisional diet rendah lemak telah diresepkan untuk mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes. Sementara penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi lemak dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti kanker dan diabetes.

Perlu Anda ketahui bahwa makanan kaya lemak tak jenuh tunggal seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian sebenarnya melindungi dari banyak penyakit kronis ini.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Diabetes Care menunjukkan bahwa diet dengan minyak zaitun dapat mengurangi risiko diabetes tipe II hampir 50 persen, dibandingkan dengan diet rendah lemak. Diabetes tipe II adalah bentuk diabetes yang paling umum dan dapat dicegah.

3. Mencegah stroke

Bagi orang lanjut usia yang mengonsumsi minya zaitu secara rutin bisa terlindungi dari serangan stroke. Para peneliti telah mengumpulkan informasi dari catatan medis 7.625 orang usia 65 tahun ke atas di Perancis.

Semua peserta tidak ada yang memiliki riwayat stroke. Lantas peneliti mengelompokkan peserta menjadi 3 yang mengonsumsi minyak zaitun dan tidak.

Setelah 5 tahun, hasilnya menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun rutin memiliki risiko stroke 41 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Penyakit stroke (Shutterstock)
Penyakit stroke (Shutterstock)

4. Menjaga liver

Diet sehat dengan minyak zaitun juga memperlambat penuaan jantung. Perlu dipahami bahwa jantung juga bisa mengalami proses penuaan seiring bertambahnya usia.

Arteri mungkin tidak berfungsi sebaik yang mereka lakukan dan ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Namun sebuah studi baru-baru ini, para peneliti Spanyol menemukan bahwa diet yang kaya akan minyak zaitun atau lemak tak jenuh tunggal lainnya dapat meningkatkan fungsi arteri.

5. Mengatasi osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan penurunan massa tulang. Penyakit ini menyebabkan arsitektur jaringan tulang menjadi rapuh.

Dalam hal ini, suplemen dalam minyak zaitun ditemukan secara positif memengaruhi kepadatan tulang. Meskipun minyak zaitun bukan solusi satu-satunya untuk mengatasi osteoporosis, para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa bahan alami ini sangat baik untuk pengobatan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS