Hari Terakhir, Nila Moeloek Titip Pesan untuk Menkes Periode Berikutnya

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Hari Terakhir, Nila Moeloek Titip Pesan untuk Menkes Periode Berikutnya
Menteri Kesehatan Nila Moeloek bersama Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris bersiap menyampaikan keterangan pers di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (7/1). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyampaikan harapannya untuk menkes yang akan datang. Apa katanya?

Suara.com - Hari Terakhir, Nila Moeloek Titip Pesan untuk Menkes Periode Berikutnya

Jajaran kabinet menteri akan segera berganti, seiring pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Sebelum berpisah Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek menyampaikan harapannya untuk menkes yang akan datang.

Nila berharap menkes yang datang akan tetap berpihak pada rakyat dan fokus dengan kesehatan masyarakat. Program-program kesehatan harus berfokus pada upaya pencegahan dan edukasi, seperti yang telah digalakkan Nila selama 5 tahun memimpin Kemenkes.

"Tentu saya harapkan pada menteri kesehatan yang baru nanti, yang dilantik saya minta betul pro kepada masyarakat, bagaimana kita SDM unggul itu betul-betul harus dijalankan," ujar Menkes Nila di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2019).

Nila juga mengingatkan untuk terus membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan khususnya dari hulu dan malah bukan sebaliknya. Seperti yang selama ini pemerintah hanya fokus pada pengobatan tapi minim pencegahan, sehingga biaya pengobatan terus menerus melambung.

"Tanpa kesehatan kita tidak bisa bersekolah, berpendidikan kita tidak akan jadi manusia produktif. Jadi saya titip bahwa pendekatan keluarga, program Indonesia sehat pendekatan keluarga itu harusnya dilaksanakan," ungkapnya.

Selanjutnya, Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang selama ini jadi andalan Nila dalam memperbaiki pola hidup masyarakat, juga diamanatkan untuk terus dilakukan pada estafet kepemimpinan kemenkes. Terus mendorong agar makan sehat, bergerak aktif dan melakukan cek kesehatan secara berkala.

"Gerakan masyarakat hidup sehat tidak sekedar hidup sehat. Sekarang mulai mari makan yang sehat sayur dan buah aktivitas fisik cek kesehatan secara berkala. Karena jelas penyakit tidak menular meningkat, penyakit jantung, kardiovaskular, stroke, diabetes kanker dan sebagainya," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS