Tidur atau Olahraga, Mana yang Harus Dilakukan saat Lelah?

Vika Widiastuti
Tidur atau Olahraga, Mana yang Harus Dilakukan saat Lelah?
Ilustrasi lelaki stres, depresi, kelelahan. (Shutterstock)

Pertama yang perlu dipahami adalah hubungan antara tidur dan olahraga.

Suara.com - Saat sedang lelah karena aktivitas sehari-hari apa yang akan Anda lakukan, tidur atau olahraga? Atau pernahkan Anda berpikir mana yang lebih baik dilakukan, tidur atau olahraga?

Pertama yang perlu dipahami adalah hubungan antara tidur dan olahraga. Kita semua tahu kurang tidur bisa membuat kita merasa lelah, kesal, dan meningkatkan keinginan untuk makan tidak sehat.

Hal ini juga memengaruhi tingkat kinerja Anda. Berikut beberapa hal yang akan terjadi ketika Anda memutuskan pergi ke gym saat lelah seperti dilansir dari timesofindia. 

- Kurang tidur akan membuat Anda kurang termotivasi untuk melakukan aktivitas rutin.

- Hal ini juga bisa membuat Anda rewel dan tidak bisa berkonsentrasi saat melakukan latihan,

- Kurang tidur juga akan memengaruhi konsentrasi yang membuat Anda lebih mudah terluka saat berlari di treadmill atau mengangkat beban.

- Kurang tidur menunjukkan bahwa tubuh Anda perlu istirahat dan jika Anda memaksakan diri untuk pergi ke gym, Anda akan melukai otot-otot Anda.

Ilustrasi kelelahan di pagi hari. (Shutterstock)
Ilustrasi kelelahan. (Shutterstock)

Jika Anda merasa lelah dan ingin beristirahat lebih dari satu jam dibanding pergi ke gym, itu adalah pilihan yang baik. Tidak ada salahnya melewatkan jadwal latihan selama sehari karena jika Anda memaksakan pergi ke gym, bisa jadi Anda tidak melakukan yang terbaik.

Namun, jangan biasakan hal ini. Cobalah tidur lebih awal di malam hari dan jika Anda melewatkan sesi latihan di pagi hari, lakukannya di malam hari. Jika Anda tidak bisa pergi ke gym di malam hari, setidaknya pergilah untuk berjalan-jalan kecil.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS