Ada Banyak Faktor Risiko dari Gagal Jantung, Penyebab Suhu Naga Meninggal

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Ada Banyak Faktor Risiko dari Gagal Jantung, Penyebab Suhu Naga Meninggal
Suhu Naga [youtube @suhu naga]

Seperti peyakit jantung lainnya, risiko gagal jantung juga dapat meningkat akibat beberapa faktor.

Suara.com - Dunia hiburan tanah air kembali berduka. Suhu Naga, lelaki yang disebut sebagai peramal artis dikabarkan meninggal dunia akibat gagal jantung pada Jumat (1/11/2019).

Menurut penuturan adiknya, Dewi, mendiang sang kakak meninggal setelah mendapat bantuan CPR di Puskesmas, namun oksigen yang masuk ke paru-paru hanya sedikit.

"Tahu-tahunya gagal jantung. Jadi oksigennya nggak masuk ke paru-paru. Iya 30 persen saja oksigen yang bisa masuk jadi dikasih CPR dan itu juga nggak ketolong,” tutur Dewi, saat menceritakan kronologi meninggalnya sang kakak.

Berdasarkan Hello Sehat, gagal jantung merupakan istilah medis yang mengacu pada kondisi jantung yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Saat fungsi jantung terganggu, darah tidak akan dapat dipompa ke seluruh tubuh secara efisien.

Seperti peyakit jantung lainnya, risiko gagal jantung juga dapat meningkat akibat beberapa faktor. Antara lain :

Ilustrasi gagal jantung (Shutterstock)

1. Menderita tekanan darah tinggi

Hipertensi dapat menyebabkan jantung bekerja keras dari biasanya, sehingga risiko jantung berfungsi secara tidak efektif juga lebih tinggi.

2. Memiliki masalah atau penyakit pada jantung

Apabila menderita serangan jantung, cacat jantung bawaan lahir, atau penyakit katup jantung, peluang untuk mengalami gagal jantung lebih besar.

3. Menderita diabetes

Selain karena penyakit diabetes itu sendiri, pengobatan penyakit ini dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gagal jantung. Beberapa obat dapat memengaruhi fungsi jantung, seperti rosiglitazone (Avandia) dan pioglitazone (Actos).

4. Obesitas

Berat badan berlebih memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, salah satunya fungsi jantung.

5. Pola hidup tidak sehat

Merokok, minum alkohol, sering makan makanan kurang sehat, maka peluang Anda mengalami kondisi gagal jantung jauh lebih besar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS