Waspada Penyakit Infeksi di Musim Pancaroba, Ini Cara Mencegahnya

M. Reza Sulaiman
Waspada Penyakit Infeksi di Musim Pancaroba, Ini Cara Mencegahnya
Ilustrasi menderita flu, pilek, dan batuk saat musim pancaroba. (Shutterstock)

Musim pancaroba yang terjadi saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan rentan menyebabkan penyakit infeksi.

Suara.com - Waspada Penyakit Infeksi di Musim Pancaroba, Ini Cara Mencegahnya

Musim pancaroba yang terjadi saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan rentan menyebabkan penyakit infeksi.

Maka dari itu, menjaga kesehatan tubuh dari ancaman virus sangatlah penting.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, dr. Aria Pratama Surya Anggara menyebut penyakit di musim pancaroba secara umum terjadi karena kontak udara, lingkungan, dan kebersihan diri yang kurang. Sehingga perlu upaya pencegahan agar tidak terkena.

Menurutnya pencegahannya yang harus dilakukan masyarakat adalah dengan upaya terus menjaga kondisi tubuh tetap prima dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui makan teratur dengan isi yang baik dan seimbang.

Kemudian banyak minum air putih, istirahat yang cukup, menghindari sering ke luar rumah yang tidak perlu, menggunakan masker atau pelindung hidung saat ke luar rumah atau bertemu dengan orang yang sakit, dan selalu cuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas baik di rumah maupun ke luar rumah.

Seorang pengemudi menggunakan masker untuk mengurangi potensi ISPA akibat terpapar kabut asap. Diabadikan di Bangkok, Thailand. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Seorang pengemudi menggunakan masker untuk mengurangi potensi ISPA akibat terpapar kabut asap. [Shutterstock].

"Kemudian memperhatikan kebersihan rumah dan lingkungan, dengan selalu membersihkan dalam rumah dari debu, sering menjemur kasur, membuka jendela seperlunya agar debu atau percikan air tidak masuk, membersihkan tumpukan sampah seperti kaleng dan wadah penampungan air. Jika ada hewan peliharaan dijaga kebersihan hewan dan tempat makan, minum, dan kandang. Makan dan minum dari sumber yang baik dan bersih," jelas dia, dilansir Antara, Jumat (8/11/2019).

Dikatakannya jika timbul gejala-gejala penyakit tersebut lebih dari tiga hari atau dalam satu hari terkena timbul rasa yang tidak nyaman, segera bawa ke fasilitas kesehatan.

"Bagi masyarakat yang merasakan ada gejala sakit segera bawa ke fasilitas kesehatan untuk diperiksa dan ditangani dengan cepat dan sesuai agar tidak terjadi komplikasi yang tidak diinginkan," jelasnya. [Antara]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS