6 Cara Alami Atasi Tumit Kaki yang Kering dan Pecah-pecah

Silfa Humairah Utami
6 Cara Alami Atasi Tumit Kaki yang Kering dan Pecah-pecah
Ilustrasi scrub kaki yang pecah-pecah agar mulus lagi. (Shutterstock)

Begini cara mengatasi tumit kaki yang kering dan pecah-pecah

Suara.com - 6 Cara Alami Atasi Tumit Kaki yang Kering dan Pecah-pecah

Banyak berjalan kaki atau memakai sepatu yang kesempitan hingga banyak menginjak are lembab membuat kulit telapak kering, peca-pecah dan kasar. Terlebih, tumit kaki yang kering juga mudah kapalan. Saat terus dipakai berjalan, tumit kaki yang kering nan tebal pun akan pecah merekah.

Selain itu, kulit kaki kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti diabetes, gangguan tiroid, hingga psoriasis dan eksim. Orang lanjut usia juga lebih rentan mengalami kaki pecah-pecah karena faktor penuaan yang menyebabkan kulit jadi cenderung kering.

Kaki pecah-pecah tidak sedap dipandang mata. Tapi selain persoalan estetika, jika terus dibiarkan tanpa perawatan yang baik, kaki pecah-pecah dapat berubah menjadi mimpi terburuk Anda. Tak hanya akan terasa sakit saat berjalan, kaki pecah-pecah bisa berdarah dan menyebabkan infeksi serius.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dilansir Hello Sehat.

Cara mengatasi tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah

Ilustrasi telapak kaki pecah-pecah [shutterstock]
Ilustrasi telapak kaki pecah-pecah [shutterstock]

Jika kondisi kaki pecah-pecah Anda sudah terlanjur na’as, ada baiknya untuk mencuci kaki dengan air hangat terlebih dahulu dan gosokkan batu apung demi mengangkat lapisan kulit mati di kaki sebelum memulai perawatan.

1. Oleskan pelembab, kemudian bungkus dengan kaus kaki

Carilah krim pelembap yang kental dan kaya, seperti shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly. Pokoknya, semakin lengket berminyak tekstur pelembap Anda semakin bagus untuk menyembuhkan kulit kaki yang kering dan retak.

Lumuri kaki bermasalah Anda dengan pelembap pilihan Anda tebal-tebal, setiap malam sebelum tidur. Bungkus dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalam suntuk. Anda harus melakukan ini segera setelah Anda mandi untuk hasil penyerapan terbaik. Anda akan memiliki tumit sehalus pantat bayi keesokan paginya

2. Pijat dengan minyak

Pengobatan terbaik untuk tumit pecah-pecah adalah dengan memasok kelembapan yang sangat dibutuhkan oleh kaki, sebanyak dan secepat mungkin. Tapi tidak semua pelembap bekerja sama baiknya. Minyak cenderung bekerja lebih baik daripada lotion karena lotion lebih cepat menyerap ke dalam kulit.

Anda bisa gunakan minyak sayur apapun, mulai dari minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen, tea tree oil, hingga minyak kelapa. Vitamin E juga merupakan pelembap ajaib yang mampu membantu menyembuhkan dan mencegah kaki pecah-pecah. Anda bisa dapatkan vitamin E dalam bentuk suplemen maupun minyak alami.

Lumuri kaki bermasalah Anda dengan minyak pilihan Anda tebal-tebal dan pijat perlahan, lakukan setiap malam sebelum tidur. Minyak akan membantu melembabkan, sementara pijatan akan membantu merangsang sirkulasi agar mempercepat penyembuhan gejala yang menjengkelkan. Kemudian bungkus dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalam suntuk. Anda harus melakukan ini segera setelah Anda mandi untuk hasil penyerapan terbaik. Anda akan memiliki tumit sehalus pantat bayi keesokan paginya

3. Lulur oatmeal

Lulur oatmeal telah digunakan selama ratusan tahun sebagai penyembuh iritasi dan peradangan kulit. Menggabungkan oatmeal dan minyak zaitun merupakan metode perawatan yang baik untuk penyembuhan kaki pecah-pecah.

Dalam wadah, aduk rata satu sendok makan oats kering dan satu sendok makan minyak zaitun (minyak almond juga ampuh!) hingga membentuk pasta. Lumuri kaki yang bermasalah dengan lulur oatmeal ini, biarkan meresap hingga setengah jam dan bilas bersih. Kemudian oleskan pelembap kulit. Lakukan lulur oatmeal setiap dua hari sekali sampai gejala membaik.

4. Masker alpukat pisang

Pisang adalah salah satu alternatif murah meriah terbaik untuk membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan cepat. Ambil satu buah pisang matang dan setengah alpukat, haluskan keduanya dan campur merata hingga menjadi pasta. Alpukat tumbuk yang dicampur dengan minyak kelapa juga bekerja sama ampuhnya. Alpukat kaya akan beberapa minyak esensial, vitamin, dan lemak yang membantu memperbaiki kulit kering.

Balurkan pasta buah ini di daerah kaki yang bermasalah dan biarkan selama sekitar 10-20 menit. Anda juga bisa bungkus kaki yang erbalur masker dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalam suntuk demi mempercepat waktu penyembuhan.

Setelah maskeran kaki, bilas bersih kaki Anda dengan air hangat suam kuku. Kemudian oleskan pelembap kulit. Tak apa untuk maskeran setiap dua hari sekali sampai gejala membaik.

5. Petroleum jelly dan air lemon

Pasta campuran dari petroleum jelly dan jus lemon dikatakan ampuh untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan instan. Pertama, rendam kaki dalam air hangat selama sekitar dua puluh menit dan pastikan benar-benar kering. Kemudian campurkan satu sendok teh Vaseline dengan tiga sendok teh jus lemon, aduk rata.

Gosokkan pasta ini di atas kaki yang bermasalah dan diamkan selama sekitar satu jam. Anda juga dapat membungkus kaki dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman. Pagi harinya, bilas bersih dengan air suam kuku dan jangan lupa oleskan pelembab. Lakukan ini setiap hari agar Anda melihat perubahan kaki yang jadi lebih lembut dan halus dalam waktu sekitar seminggu.

6. Masker tepung beras

Tekstur tepung beras yang bergerinjil kasar mampu mengelupas, membersihkan, dan menutrisi kulit kaki dengan asupan mineral penting sehingga kulit terasa jadi lebih lembut dan halus. Ambil dua sampai tiga sendok makan tepung beras dan tambahkan beberapa tetes madu dan cuka sari apel untuk meracik pasta kental. Jika kaki Anda sangat kering dan pecah-pecah parah, Anda dapat menambahkan satu sendok teh minyak zaitun atau minyak almond ke dalam ramuan. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama 10 menit, setelah dikeringkan, balurkan pasta di kaki yang bermasalah dan pijat dengan lembut untuk mengangkat lapisan kulit mati. Anda dapat menerapkan scrub kaki ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Jangan lupa untuk terus minum banyak air selama melakukan perawatan untuk kaki pecah-pecah. Air membantu melembapkan kulit dari dalam untuk mempercepat proses penyembuhan Anda.

Sama halnya dengan mulut dan tenggorokan terasa kering dan serak apabila kurang air, hal yang sama juga berlaku untuk kulit kaki, lho!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS