Hari Ayah, Ini Lho Pengaruh Ayah dalam Hubungan Asmara Anak Perempuannya

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Hari Ayah, Ini Lho Pengaruh Ayah dalam Hubungan Asmara Anak Perempuannya
Ilustrasi ayah sedang bermain dengan anak perempuannya. (Shutterstock)

Memperingati Hari Ayah, ketahui peran penting ayah dalam kehidupan anak perempuannya di masa depan.

Suara.com - Tanggal 12 November bertepatan dengan Hari Ayah di Indonesia. Sama halnya dengan Ibu, Ayah juga memiliki peranan penting bagi tumbuh kembang anaknya, khususnya anak perempuan,

Keterlibatan sosok ayah di dalam kehidupan putrinya sangat penting. Tidak hanya dari segi materi, perhatian dan sikap ayah di depan anak perempuan akan membentuk kepribadian mereka saat dewasa.

Sejak lahir, ayah memegang peran utama dalam perkembangan psikologis anak perempuan. Pengaruh seorang ayah juga terlihat ketika anak perempuannya mulai mengenal pacaran.

Tak jarang, ketika anak perempuan tumbuh dewasa, ia akan memiliki satu sosok laki-laki yang menjadi standar dalam menjalin hubungan asmara yakni ayahnya.

Akrabnya ayah dengan dua putrinya. (Shutterstock)
Akrabnya ayah dengan dua putrinya. (Shutterstock)

Sebuah penelitian yang dilansir dari Very Well Health juga menemukan hubungan ayah dan anak perempuannya yang penuh kasih sayang juga berdampak pada banyak hal, antara lain:

  • Anak akan memiliki nilai dan prestasi yang baik di sekolah
  • Anak akan merasa lebih baik terhadap dirinya sendiri
  • Anak perempuan lebih asertif atau komunikasi tanpa agresif
  • Mereka akan lebih percaya diri dalam menjalani hubungan asmara dengan pria lain

Melansir dari She Knows, keterlibatan ayah dalam kehidupan anak perempuannya juga menjadi unsur penting dalam pengembangan harga diri seorang wanita. Seorang ayah bisa memengaruhi anak perempuannya dalam membangun citra diri dan menjaga harga dirinya sebagai wanita.

Bahkan seorang ayah juga bisa membantu anak perempuan mengurangi rasa tidak aman dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Karena itu, anak perempuan yang dekat dengan ayahnya cenderung akan tertarik atau mencari sosok pria yang setipe dengan ayahnya. Harapannya, pria yang seperti figur ayahnya itu bisa memperlakukannya dengan hormat dan penuh cinta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS