Catat: Ini 5 Cara Agar Tetap Sehat Saat Stres Melanda

RR Ukirsari Manggalani | Dini Afrianti Efendi
Catat: Ini 5 Cara Agar Tetap Sehat Saat Stres Melanda
Ilustrasi stres karena pekerjaan menumpuk [Shutterstock].

Perhatikan alarm tubuh untuk identifikasi stres. Salah satu obatnya adalah olah raga.

Suara.com - Stres disebut-sebut sebagai sumber dari segala macam penyakit. Stres juga bisa membuat penyakit menjadi semakin parah, ini karena hormon kortisol yang lepas saat pikiran dipenuhi tekanan. Pengeluaran hormon ini bisa dipicu saat tubuh merasa terancam, dan keluar sebagai sebuah alarm untuk memperingati kalau tubuh tidak sedang baik-baik saja.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap sehat saat stres melanda, seperti dikutip The Guardian, Kamis (21/11/2019). Begini langkah-langkahnya:

Ilustrasi makan. (Pixabay)
Ilustrasi makan. (Pixabay)

1.Makan dengan baik dan teratur

Camilan seperti makanan manis dan asing seringkali jadi piliham saat stres melanda, akan tetapi makanan jenis itu bisa membuat seseoranf yang sedang stres semakin terpuruk.

"Ketika kita stres dan tertekan, mudah mengobatinya dengan makan dan minuman dengan gula. Ini bisa menaikkan hormon serotonin dengan cepat, mood kembali dengan cepat namun tidak akan bertahan lama," ujar Azmina Govindji, ahli diet.

2. Exercise akan sangat membantu

Sebagian dari kita akan merasa bersalah karena tidak melakukan olah raga. Padahal, olah kebugaran adalah penghilang stres yang alami, karena akan merangsang hormon endorfin atau hormon bahagia keluar.

"Ingatlah seberapa baik perasaanmu saat sedang berolahraga, pasti setelah olah raga seseorang selalu merasa lebih baik," ungkap Maiken Skoie Brustad, instruktur olah raga.

Laman berikut, apakah yang Anda cari dalam hidup? Coba definisikan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS