Penelitian Temukan Minum Kopi 4 Kali Sehari Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Rima Sekarani Imamun Nissa, Shevinna Putti Anggraeni

Rabu, 27 November 2019 | 18:30 WIB
Penelitian Temukan Minum Kopi 4 Kali Sehari Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2
Ini yang bikin mata melek selama bekerja

Suara.com - Selama ini, kopi dianggap sebagai minuman yang tidak menyehatkan. Sebuah studi baru justru menemukan minum kopi secara rutin bisa mengurangi risiko diabetes dan obesitas.

Para peneliti menemukan bahwa minum kopi tanpa kafein dapat memberikan manfaat kesehatan. Minum 4 cangkir kopi tanpa kafein sehari bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan obesitas.

Menurut temuan lain, dilansir dari The Sun, minum satu hingga empat cangkir kopi sehari juga bisa mengurangi risiko sindrom metabolik antara 2 hingga 44 persen.

NHS pun menjelaskan, diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas merupakan satu kombinasi berbahaya karena memengaruhi satu dari empat orang dewasa.

Para peneliti dari Universitas Navarre di Spanyol dan Catania di Italia juga menemukan bahwa ada hubungan antara minum kopi setiap hari dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Ilustrasi diabates (shutterstock)
Ilustrasi diabates (shutterstock)

Estefania Toledo, dari Universitas Navarre dan Ciberobn, sebuah pusat biomedis di Spanyol, mengatakan analisis tersebut menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko hingga rata-rata 26 persen.

"Semua kopi yang berkafein atau tidak mengandung senyawa yang mungkin membayahakan juga memiliki efek menguntungkan pada kesehatan, termasuk polifenol, trigonelin dan melanoidin," kata Estefania Toledo.

Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)
Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)

Menurutnya, senyawa-senyawa dalam kopi tersebut memiliki kualitas antioksidan dan anti-inflamasi. Studi sebelumnya telah menyarankan bahwa tes, terutama teh hijau juga bisa membantu meringankan sindrom metabolik.

Para peneliti yang ditugaskan oleh Institute for Scientific Information on Coffee (ISIC), sebuah badan yang didanai oleh perusahaan kopi menambahkan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui hubungan antara kopi dan sindrom metabolik.

baca juga

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Tidak Baik untuk Tubuh, Ini 5 Tanda Kebanyakan Mengonsumsi Garam

Tidak Baik untuk Tubuh, Ini 5 Tanda Kebanyakan Mengonsumsi Garam

Health | Rabu, 27 November 2019 | 15:58 WIB

Penting, Ini 3 Peran Keluarga untuk Penderita Diabetes

Penting, Ini 3 Peran Keluarga untuk Penderita Diabetes

Health | Rabu, 27 November 2019 | 15:23 WIB

Naysila Mirdad Bereksperimen Campur Kopi Hitam dan Air Kelapa, Apa Rasanya?

Naysila Mirdad Bereksperimen Campur Kopi Hitam dan Air Kelapa, Apa Rasanya?

Lifestyle | Rabu, 27 November 2019 | 14:40 WIB

Pengidap Diabetes Ingin Donor Darah, Perhatikan 4 Hal Ini Ya!

Pengidap Diabetes Ingin Donor Darah, Perhatikan 4 Hal Ini Ya!

Health | Jum'at, 22 November 2019 | 13:19 WIB

Terkini

Parigi Moutong Diguncang Gempa M 6,2 Tengah Malam, BMKG Minta Warga Waspada

Parigi Moutong Diguncang Gempa M 6,2 Tengah Malam, BMKG Minta Warga Waspada

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 02:04 WIB

Pengibaran Bendera Bulan Bintang Picu Bentrok di Masjid Raya Baiturrahman

Pengibaran Bendera Bulan Bintang Picu Bentrok di Masjid Raya Baiturrahman

Sumut | Minggu, 16 Agustus 2026 | 01:59 WIB

Air Laut Surut Lalu Masuk Permukiman, Warga Pasimarannu Panik Mengungsi Mandiri

Air Laut Surut Lalu Masuk Permukiman, Warga Pasimarannu Panik Mengungsi Mandiri

Sulsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 01:54 WIB

Soroti Manuver Politik di Kasus Eks Jampidsus, Sejumlah Akademisi Minta Prabowo Turun Tangan

Soroti Manuver Politik di Kasus Eks Jampidsus, Sejumlah Akademisi Minta Prabowo Turun Tangan

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:20 WIB

Dua Pidato di DPR Tunjukkan Arah Ekonomi Prabowo Semakin Jelas

Dua Pidato di DPR Tunjukkan Arah Ekonomi Prabowo Semakin Jelas

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:15 WIB

Gempa NTT, Selly Gantina Minta Pemerintah Segera Tembus Daerah Berdampak

Gempa NTT, Selly Gantina Minta Pemerintah Segera Tembus Daerah Berdampak

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:15 WIB

PTBA Kembali Hadirkan BIDIKSIBA, Buka Jalan Generasi Muda Menuju Pendidikan Tinggi

PTBA Kembali Hadirkan BIDIKSIBA, Buka Jalan Generasi Muda Menuju Pendidikan Tinggi

Sumsel | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:14 WIB

Spot 17-an Kekinian di Blok M: Dari Secret Gig sampai Tantangan Senyum!

Spot 17-an Kekinian di Blok M: Dari Secret Gig sampai Tantangan Senyum!

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:07 WIB

Beras Fortifikasi Jadi Pelarian Produsen Akibat Melonjaknya Harga Gabah

Beras Fortifikasi Jadi Pelarian Produsen Akibat Melonjaknya Harga Gabah

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:00 WIB

Hendardi Singgung Manuver Hukum Eks Jampidsus, Dinilai Kelabui Publik Soal Substansi Perkara

Hendardi Singgung Manuver Hukum Eks Jampidsus, Dinilai Kelabui Publik Soal Substansi Perkara

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 22:59 WIB

×