facebook

Rambut Ubanan sebelum Usia 30 Tahun? Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Ini

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Rambut Ubanan sebelum Usia 30 Tahun? Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Ini
Ilustrasi rambut putih (shutterstock)

Rambut ubanan sebelum waktunya atau di bawah usia 30 tahun bisa karena masalah kesehatan hingga kebiasaan buruk sehari-hari.

Suara.com - Rambut putih atau uban memang sangat umum terjadi seiring bertambahnya usia. Tetapi, beberapa orang mungkin sudah beruban sejak masih muda.

Sebenarnya, munculnya uban bisa jadi faktor genetik. Namun, rambut ubanan yang muncul lebih cepat sebelum usia 30 tahun bisa jadi masalah lain.

Apalagi kalau rambut putih muncul bukan karena faktor genetik atau tidak ada saudara kandung yang mengalami hal serupa.

Melansir dari Healthylifetricks.org, ada beberapa alasan masalah kesehatan dan kebiasaan yang menyebabkan seseorang memiliki rambut putih sebelum usia 30 tahun.

Baca Juga: Suka Makan Cabai Bisa Turunkan Risiko Kena Stroke dan Serangan Jantung

1. Penyakit jantung

Rambut yang memutih sebelum diperkirakan secara alami dapat menandakan tanda-tanda awal penyakit jantung. Anda bisa memastikannya dengan mengunjungi ahli jantung.

Ilustrasi rambut ubanan (shutterstock)
Ilustrasi rambut ubanan (shutterstock)

2. Akumulasi peroksida

Rambut yang memutih addalah proses alami yang terjadi karena semua folikel rambut menghasilkan sejumlah kecil hidrogen peroksida. Rambut ubanan ini juga suatu kondisi yang bisa diobati dengan senyawa aktif UVB yang digunakan untuk gangguan pigmentasi kulit.

3. Kekurangan vitamin D3 dan B12

Baca Juga: 5 Tokoh yang Wafat Akibat Sakit Jantung Sepanjang 2019

Rambut bisa berubah putih juga karena kekurangan vitamin D3 dan B12. Jika benar, Anda bisa mengubah pola makan dengan cara menghentikan atau memperlambat proses rambut menjadi putih. Vitamin yang disebutkan ini bertanggung jawab untuk memproduksi melanin, zat yang memberi warna kulit dan rambut.

Komentar