Ingin Makanan Panggang Lebih Sehat? Begini 6 Cara Membakarnya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Ingin Makanan Panggang Lebih Sehat? Begini 6 Cara Membakarnya
ilustrasi ayam bakar [shutterstock]

Ikuti 6 aturan ini ketika membakar atau memanggang daging agar lebih sehat dan terbebas karsinogen.

Suara.com - Ayam, ikan atau daging bakar memang menjadi makanan yang banyak disukai. Namun, makanan bakar ini juga memberikan dampak negatif pada kesehatan tubuh, salah satunya menyebabkan kanker.

Akhirnya, banyak orang menghindari konsumsi makanan panggang atau bakar karena takut terserang kanker dan lainnya. Di sisi lain, makanan yang digoreng juga bukan pilihan terbaik selain makanan bakar.

Padahal ada cara khusus untuk membuat makanan bakar sedikit lebih sehat dikonsumsi. Berikut ini 6 cara membuat makanan panggang tidak berbahaya dikonsumsi, seperti yang dilansir dari health.com, antara lain:

1. Tidak terlalu lama memanggang

Baca Juga: Awas, Diet Tinggi Lemak Bisa Memicu Kanker Payudara

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa memanggang daging dengan panas tinggi dapat menyebabkan karsinogen heterosiklik amina (HCA) dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs).

Satu studi pun menemukan orang yang mengonsumsi daging panggang atau makanan bakar lainnya secara teratur 60 persen lebih mungkin terkena kanker pankreas. Selain itu, waktu memasak atau memanggang yang lama juga bisa meningkatkan risiko kanker perut, paru-paru dan payudara.

Ilustrasi daging bakar. (Shutterstock)
Ilustrasi daging bakar. (Shutterstock)

2. Oleskan bumbu

Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa bumbu pedas dapat menurunkan pembentukan HCA. Hal itu karena bumbu-bumbu tertentu dikemas dengan antioksidan yang akan membantu menghilangkan HCA dalam proses memanggang.

Selain itu, menambahkan rempah-rempah ke dalam bumbu panggangan, seperti bawang putih bisa mengurangi jumlah total HCA sampai 60 persen. Karena itu, oleskan bumbu pada daging, ayam atau ikan sebelum memanggangnya.

Baca Juga: Terapi Bekam, Wanita Ini Malah Alami Luka Bakar di Punggung dan Lengan

3. Kecilkan api

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS