Baim Wong Latihan Mandikan Bayinya, Ikuti Langkah-Langkah yang Benar Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Baim Wong Latihan Mandikan Bayinya, Ikuti Langkah-Langkah yang Benar Ini
Baim Wong dan Paula Verhoeven [Suara.com/Sumarni]

Baim Wong belajar memandikan bayinya yang baru saja lahir di rumah sakit dengan panduan perawat dan Paula Verhoeven.

Suara.com - Baim Wong dan Paula Verhoeven kini tengah menikmati hari-harinya sebagai orangtua baru. Baim Wong pun rutin mengabadikan keseharian mereka mengurus anak pertamanya yang baru saja lahir Jumat (27/12/2019) lalu.

Selayaknya orangtua umumnya, Baim Wong pun sempat belajar memandikan bayinya untuk pertama kali. Ia dipandu perawatan rumah sakit terlihat sempat kebingungan ketika memandikan bayinya.

Baim Wong pun sempat mengaku tak tega mendengar anaknya menangis karena kedinginan ketika dimandikan. Tetapi, ia terus berusaha menenangkan bayinya agar tidak menangis.

"Iya sayang sebentar-sebentar ya, kasihan dengarnya. Hangat ini sayang, hangat kok. Kasihan, nggak tega," ujar Baim Wong ketika mendengar tangisan bayinya saat mandi.

Hal yang wajar jika orangtua baru seperti Baim Wong dan Paula Verhoeven gugup memandikan bayi mereka pertama kali. Tetapi, memandikan bayi termasuk momen berharga bagi orangtua agar semakin dekat dengan buah hati.

Hanya saja, kebanyakan orangtua mungkin kebingungan cara memandikan bayi baru lahir yang benar. Apalagi tali pusar bayi biasanya belum terlepas di bawah usia dua hingga tiga minggu.

Baim Wong latihan memandikan bayinya (Youtube/Baim Paula)
Baim Wong latihan memandikan bayinya (Youtube/Baim Paula)

Melansir dari raisingchildren.net.au, berikut ini langkah-langkah memandikan bayi baru lahir yang benar.

1. Sebelum membuka pakaian atau selimut bayi Anda, usap kelopak matanya dahulu (dari mata bagian dalam ke arah luar).

Anda bisa membersihkan bagian kelopak mata ini menggunakan kapas yang dicelupkan air hangat. Pastikan, Anda menggunakan sepotong kapas yang berbeda untuk setiap mata.

Setelah itu, basuh seluruh wajahnya menggunakan washlap lembut dengan hati-hati. Jangan masukkan apapun ke lubang telinga dan hidungnya.

2. Setelah membersihkan mata, wajah dan rambut, Anda bisa mulai melepas pakaian dan pokok bayi. Anda tidak disarankan membuka pakaiannya lebih awal agar tidak terlalu lama kedinginan.

3. Gendong kepala bayi Anda dengan satu tangan dan topang bagian kepala hingga leher menggunakan lengan lainnya. Setelah itu turunkan bayi ke dalam bak mandi yang berisi air hangat perlahan.

4. Topang bagian kepala bayi dengan tangan, lalu baringkan bayi di bak mandi perlahan dan percikkan sedikit air di bagian kepalanya.

5. Cucilah atau bersihkan alat kelamin dan bagian bawah bayi dengan lembut hanya menggunakan air. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran di bagian lipatan-lipatan tubuhnya.

Baim Wong [Instagram/@baimwong]
Baim Wong [Instagram/@baimwong]

Setelah selesai mandi, bungkus atau selimuti bayi menggunakan handuk lembut agar merasa hangat. Lalu, perhatikan kembali tidak ada kotoran atau sabun yang menempel di lipatan kulit atau bagian tubuh lainnya.

Memandikan bayi memang membutuhkan latihan. Jadi cobalah meluangkan waktu untuk belajar memandikan bayi dengan meminta bantuan orang lain yang sudah berpengalaman.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS