Studi: Keguguran dapat Membuat Wanita Alami PTSD dalam Jangka Panjang

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Studi: Keguguran dapat Membuat Wanita Alami PTSD dalam Jangka Panjang
ilustrasi keguguran [shutterstock]

Berdasarkan penelitian, mereka menemukan satu bulan setelah keguguran, sebanyak 29% wanita menderita PTSD.

Suara.com - Sebuah temuan baru yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menunjukkan, satu dari enam perempuan yang mengalami keguguran atau kehamilan ektopik dapat menderita stres pasca-trauma (PTSD) jangka panjang.

Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan dari Imperial College London dan KU Leuven di Belgia terhadap lebih dari 650 wanita yang mengalami keguguran dini (keguguran sebelum 12 minggu).

Berdasarkan hasilnya, mereka menemukan satu bulan setelah keguguran, sebanyak 29% wanita menderita PTSD dan 24% mengalami kecemasan sedang hingga berat. Sedangkan 11% juga mengalami depresi sedang hingga berat.

"Keguguran memengaruhi hampir satu dari dua wanita, dan bagi banyak wanita, itu akan menjadi peristiwa paling traumatis dalam hidup mereka," tutur penulis utama studi, Profesor Tom Bourne dari Imperial College London.

Ilustrasi perempuan alami trauma. [shutterstock]
Ilustrasi perempuan alami trauma. [shutterstock]

Penelitian ini menunjukkan bahwa kehilangan seorang anak yang ditunggu-tunggu dapat mengakibatkan wanita menderita stres pasca-trauma hampir setahun setelah keguguran," tambahnya.

Para wanita ini mengaku mereka mengalami perasaan dan pikiran mengganggu atau tidak diinginkan tentang keguguran yang telah mereka alami.

Dilansir Science Daily, beberapa juga melaporkan mengalami mimpi buruk atau kilas balik. Sedangkan yang lainnya menghindari apapun yang kemungkinan akan mengingatkan mereka tentang keguguran.

Peneliti dalam tim ini sekarang berfokus pada mengidentifikasi wanita mana yang berisiko mengalami gejala psikologis setelah keguguran, dampak dari keguguran pada pasangan dan jenis pengobatan terbaik serta bagaimana cara dokter menyampaikannya pada pasien.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS