Update Corona Covid-19: 75.694 Kasus, 4 WNI ABK Diamond Princess Positif

Vania Rossa | Frieda Isyana Putri
Update Corona Covid-19: 75.694 Kasus, 4 WNI ABK Diamond Princess Positif
Virus Corona Covid-19 masih menjadi momok di China, dengan jumlah korban terus mengalami peningkatan. (Shutterstock)

Per hari ini, bertambah satu WNI ABK Diamond Princess yang positif corona Covid-19.

Suara.com - Total kasus yang disebabkan wabah virus corona Covid-19 masih menunjukkan kenaikan. Virus yang berasal dari Wuhan, China, ini ditandai dengan gejala demam tinggi, batuk, dan sesak napas.

Dikutip dari situs worldometers.info, hingga berita ini ditulis, total ada 57.228 pasien yang masih dirawat. Sebanyak 45.164 atau 79 persen di antaranya berada dalam kondisi sedang, dan 12.064 atau 21 persennya berada dalam kondisi serius dan kritis.

Kasus Covid-19 pertama di Iran ditemukan usai dua warga Iran dilaporkan meninggal. Kematian dua warga negara itu merupakan kematian pertama dari virus corona di Timur Tengah dan menjadi kematian ketujuh dan kedelapan di luar China.

"Menyusul kasus penyakit pernapasan kronis baru-baru ini di Qom, dua pasien dinyatakan positif dalam tes pendahuluan," kata Kianoush Jahanpur, seorang juru bicara kementerian, dikutip kantor berita IRNA.

"Sayangnya, keduanya meninggal di unit perawatan intensif karena usia tua dan masalah dengan sistem kekebalan tubuh mereka," imbuhnya.

Sementara di Indonesia, Kementerian Kesehatn berhasil menguji 112 spesimen yang diduga virus corona Covid-19. Sejumlah 110 spesimen dinyatakan negatif dan 2 lainnya dalam proses sehingga dinyatakan belum ada kasus positif corona di Indonesia.

Akan tetapi, ada fakta baru yang dipaparkan oleh Sekretaris Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto. Dari sampel spesimen tersebut justru mayoritas ditemukan virus H1N1 atau yang lebih dikenal dengan flu babi.

Kabar terbaru dari kapal pesiar Diamond Princess, satu lagi warga negara Indonesia (WNI) terbukti positif virus corona, menambah jumlahnya menjadi empat orang dan menyisakan 74 WNI sehat lainnya.

Hal itu dikonfirmasi oleh Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, usai mendapatkan informasi dari otoritas Jepang.

"Jadi hingga 19 Februari 2020 kami mendapatkan informasi ada konfirm 4 warga negara kita yang terinfeksi corona di kapal Diamond," kata Judha saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS