Isolasi Mandiri Baik untuk Kesehatan Kulit, Ini 4 Cara Merawatnya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Isolasi Mandiri Baik untuk Kesehatan Kulit, Ini 4 Cara Merawatnya!
Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)

Masa isolasi diri di rumah demi mencegah virus corona Covid-19 ternyata bisa memberikan banyak manfaat untuk kulit.

Suara.com - Selama masa pandemi corona, semua orang disarankan tetap berada di rumah untuk mencegah penularan dan penyebaran yang lebih luas.

Metode isolasi mandiri ini tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penularan virus corona Covid-19, tetapi juga kecantikan kulit kita. Karena, cara ini bisa memberikan kesempatan kulit untuk bernapas.

Dr. Asher Siddiqi, seorang ahli estetika medis di Transform ini mengatakan bahwa polusi udara pada tingkat tertentu bisa menimbulkan risiko serius bagi kesehatan kulit kita.

Penelitian baru yang masih berlangsung juga mengungkapkan bahwa polutan di udara bisa penampilan kulit kita lebih tua atau mempercepat penuaan.

Berikut ini dilansir oleh The Sun, saran Dr. Siddiqi untuk merawat kulit wajah selama masa isolasi mandiri di dalam rumah.

Ilustrasi perawatan kulit
Ilustrasi perawatan kulit (shutterstock)

1. Sunscreen atau tabir surya

Selama masa isolasi mandiri, Anda memang akan lebih sering berada di dalam ruangan. Tetapi, Anda masih membutuhkan tabir surya atau sunscreen.

Karena, Anda masih bisa terkena paparan sinar matahari meskipun berada di dalam rumah, terlebih jika Anda duduk di dekat jendela. Paparan sinar UV yang menembus kaca ini bisa menyebabkan kulit keriput bila Anda tak memakai sunscreen.

2. Jangan terlalu sering cuci muka

Jaga kebersihan wajah sangat penting meskipun Anda hanya di dalam rumah. Tapi, keseringan mencuci muka juga tidak baik karena bisa menghilangkan minyak alami di wajah.

Akibatnya, kulit wajah akan lebih kering, sensitif dan merah. Hal ini juga bisa menyebabkan kulit mengalami kompensasi berlebihan dalam produksi minyak, menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

3. Rutin membersihkan telepon

Ponsel bisa menjadi barang atau tempat yang sangat kotor. Apalagi jika Anda sering membawa telepon atau gadget itu ke semua tempat, seperti toilet.

Bakteri yang berkembang biak di permukaan telepon itulah bisa berpindah ke wajah dan merangsang kelenjar minyak. Hal itulah yang menyebabkan kerusakan kulit.

4. Peeling

Perawatan peeling sangat penting untuk mengangkat sel-sel mati meskipun Anda hanya berada di dalam rumah. Tetapi, perawatan peeling berlebihan bisa menyebabkan kerusakan kulit dan memungkinkan bakteri masuk.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS