Orangtua Harus Tahu, Bonding yang Baik Bisa Tingkatkan Imunitas Anak

Risna Halidi | Lilis Varwati
Orangtua Harus Tahu, Bonding yang Baik Bisa Tingkatkan Imunitas Anak
Manfaat bondingĀ  bukan hanya untuk kualitas hubungan keluarga yang lebih harmonis, tetapi juga psikis bagi orangtua dan anak. (Shutterstock)

Manfaat bonding bukan hanya untuk kualitas hubungan keluarga yang lebih harmonis, tetapi juga psikis bagi orangtua dan anak.

Suara.com - Orangtua Harus Tahu, Bonding yang Baik Bisa Tingkatkan Imunitas Anak

Masa di rumah aja akibat pandemi Covid-19 bisa dimanfaatkan untuk menjalin ikatan hubungan dekat atau bonding antara orangtua dengan anak.

Menurut psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, manfaat bonding  bukan hanya untuk kualitas hubungan keluarga yang lebih harmonis, tetapi juga psikis bagi orangtua dan anak.

Psikolog Vera mengatakan, anak-anak bisa menghasilkan emosi potitif, seperti merasa aman dan bahagia ketika banyak menghabiskan waktu dengan orangtua.

Emosi positif itu kemudian akan berdampak pada daya tahan tubuh anak yang meningkat, yang pada akhirnya, membuat anak tidak mudah sakit.

"Ada penelitian mengatakan emosi positif bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Itu kan yang lagi dibutuhkan banget selama pandemi ini, jadi gak mudah sakit," kata Vera dalam siaran langsung Parent Fest Dancow, Jumat (15/5/2020).

Begitu pula sebaliknya, lanjut Vera, emosi negatif seperti rasa takut, cemas,dan khawatir dapat melemahkan daya tahan tubuh anak.

"Bonding membantu anak melewati masa sulit karena merasa ada ibu dan bapaknya yang melindungi mereka. Gak apa-apa gak ketemu temen tapi ada ayah dan ibu yang menemani," tutur Vera.

Sedangkan manfaat bonding bagi orangtua, menurut Vera, melakukan kontak fisik dengan anak seperti memeluk dan mencium, bisa menjadi obat stres alami.

Meski begitu, ia mengingatkan jangan meluapkan perasaan stres menjadi amarah pada anak. Tetapi beri sentuhan kasih sayang agar anak juga mengerti bahwa orangtuanya peduli dengannya. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS