Merasa Kulit Gatal Meski Tak Ada Ruam? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Merasa Kulit Gatal Meski Tak Ada Ruam? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya!
Ilustrasi gatal. (Sumber: Shutterstock)

Kulit gatal tanpa ruam dapat terjadi pada satu area di tubuh maupun sekujur badan.

Suara.com - Beberapa dari Anda mungkin pernah merasakan kulit gatal tanpa adanya ruam yang terlihat. Kondisi ini membuat kita sulit meredakannya, meski kita telah menggaruk hingga kulit memerah.

Penyebab gatal pada kulit atau pruritis umumnya tidak berbahaya. Biasanya kondisi ini berkaitan dengan masalah kulit kering atau gigitan serangga.

Terkadang, masalah saraf, ginjal, tiroid, atau hati, juga dapat menyebabkan sensasi gatal tanpa harus menyebabkan ruam di kulit.

Dilansir Medical News Today, berikut kemungkinan penyebab gatal tanpa menimbulkan ruam:

1. Kulit kering

Kulit kering atau xerosis adalah keluhan umum yang terjadi ketika kulit mulai terasa gatal akibat kehilangan kelembapannya. Umumnya ditandai dengan kulit bersisik.

Merasa Kulit Gatal Meski Tak Ada Ruam? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya! - 1
Ilustrasi gatal tanpa menunjukkan ruam (Shutterstock)

2. Gigitan serangga

Nyamuk, laba-laba, dan gigitan serangga lainnya dapat membuat kulit di sekitar gigitan terasa gatal dan iritasi.

Banyak gigitan serangga kecil, termasuk yang berada di tempat tidur, nyamuk, dan kutu, menyebabkan gatal tanpa melihat letak gigitan yang sebenarnya.

Jika seseorang terus mengalami gatal setelah gigitan atau gigitan serangga, mereka harus berkonsultasi dengan dokter.

Hindari menggaruk area tersebut, karena bisa membuat gatal semakin parah. Juga, jangan menggunakan antibiotik topikal yang dijual bebas seperti Neosporin, karena beberapa orang dapat mengembangkan reaksi alergi pada kulit.

3. Efek samping obat-obatan tertentu

Kulit gatal adalah efek samping umum dari banyak obat. Ini dapat terjadi dengan atau tanpa ruam. Namun, tidak setiap orang akan mengalami efek samping ini ketika mengonsumsi obat-obatan yang sama.

Jika seseorang mencurigai bahwa obat menyebabkan kulit gatal, mereka harus berbicara dengan dokter sebelum berhenti mengonsumsi obat tersebut.

Kaki Gatal. (Shutterstock)
Kaki Gatal. (Shutterstock)

4. Gangguan saraf

Saraf menyampaikan pesan dari kulit ke otak. Masalah dengan saraf dapat menyebabkan rasa gatal atau sakit pada kulit tanpa menyebabkan gejala.

Kondisi masalah saraf tersebut umumnya diakibatkan oleh stroke, diabetes, dan neuralgia postherpetic, komplikasi dari herpes zoster.

5. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal, terutama pada stadium lanjut, dapat menyebabkan gatal tanpa ruam. Penyebabnya belum diketahui tetapi para ilmuwan percaya bahwa banyak faktor yang terlibat.

Jika seseorang tahu bahwa mereka memiliki masalah ginjal dan mulai mengembangkan kulit gatal, mereka harus menghubungi dokter. Dokter akan melakukan tes untuk melihat seberapa baik ginjal bekerja.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS