Cara Mudah Atasi Nyeri Punggung dan Tips Posisi Duduk yang Benar

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Cara Mudah Atasi Nyeri Punggung dan Tips Posisi Duduk yang Benar
Ilustrasi nyeri punggung

Saat bekerja di rumah, sakit punggung semakin banyak dikeluhkan karena posisi duduk dan kurang gerak. Berikut tips meredakan nyeri punggung oleh NHS.

Suara.com - Bekerja di rumah sering kali memicu nyeri punggung, sehingga terasa tidak nyaman. Memang, nyeri punggung cenderung sembuh dengan sendirinya tapi, itu kondisi itu juga mudah datang kembali.

Meskipun rasa sakit di punggung bagian bawah (sakit pinggang) sangat umum, rasa sakit dapat menyebar di sepanjang tulang belakang.

Dilansir dari Express, National Health Service (NHS) Inggris merekomendasikan agar tetap seaktif mungkin untuk membantu mengurangi nyeri punggung dan mempercepat pemulihan.

Langkah yang mudah dilakukan adalah dengan berjalan-jalan santai.

Selain membantu mengurangi sakit punggung, berjalan adalah salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan dan menjadi lebih sehat.

NHS menyarankan orang untuk melakukan setidaknya 150 menit jalan santai dalam seminggu. Untuk membantu mencegah sakit punggung, ada baiknya menjadikan bejalan-jaln sebagai kebiasaan.

Ilustrasi jalan kaki. (Shutterstock)
Ilustrasi jalan kaki. (Shutterstock)

Cara lain adalah naik tangga daripada naik lift. Aktivitas fisik dapat menjaga punggung Anda kuat dan mendorong Anda untuk tidak duduk dalam waktu lama.

Postur tubuh yang buruk saat duduk ketika bekerja di rumah untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan punggung terasa pegal. Oleh karena itu, pencegahan nyeri punggung lainnya adalah dengan duduk di posisi yang benar.

Untuk mendapatkan posisi duduk yang benar di depan meja, maka Anda perlu memastikan kursi yang Anda gunakan menopang punggung bagian bawah. Lebih baik lagi jika Anda memiliki kursi yang dapat disesuaikan sehingga dapat mengatur ketinggian, posisi punggung, dan kemiringan.

Postur yang benar melibatkan lutut sedikit lebih rendah dari pinggul dan kaki menapak ke lantai. Jika Anda sandaran kaki di meja, maka itu lebih baik lagi.

Pergelangan tangan dan lengan  saat menggunakan keyboard, harus lurus dan sejajar. Siku harus berada di samping tubuh, sehingga lengan membentuk L pada sendi siku.

Ilustrasi lelaki bekerja di rumah. [Shuttterstock]
Ilustrasi lelaki bekerja di rumah. [Shuttterstock]

Sementara bagian atas layar harus setinggi mata.

Untuk mengurangi stres pada otot dan persendian, penting untuk beristirahat secara teratur.

Atasi masalah ini sejak dini, karena masalah leher, bahu dan punggung berangsur-angsur bisa menumpuk dari waktu ke waktu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS