10 Tips Menghindari Sakit Punggung saat Work From Home

Yasinta Rahmawati
10 Tips Menghindari Sakit Punggung saat Work From Home
Ilustrasi bekerja di rumah (Shutterstock)

Sebab posisi duduk yang tidak benar saat WFH bisa menyebabkan sakit punggung.

Suara.com - Harus bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH) akibat pandemi corona Covid-19 memberi tantangan tersendiri terkait posisi duduk. Sebab, posisi duduk yang tidak benar saat bekerja dalam jangka panjang dapat menimbulkan sakit punggung dan gangguan lainnya.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah mencari posisi duduk saat bekerja senyaman mungkin. Pastikan tidak ada bagian tubuh yang bengkok atau bungkuk.

Untuk lebih jelasnya, berikut 10 tips agar tidak sakit punggung saat WFH, dirangkum dari Time.

1. Lihat layar komputer dengan leher lurus
Letakkan layar komputer/laptop di depan Anda pada ketinggian tampilan yang nyaman. Jangan memiringkan layar sehingga Anda harus memutar leher.

Jika Anda memiliki layar terpisah, mungkin harus meletakkannya di atas tumpukan buku atau di atas kotak kardus untuk menaikkannya ke posisi menonton yang nyaman tepat di depan Anda.

2. Letakkan layar membelakangi jendela
Untuk meminimalkan kemungkinan ketegangan mata visual akibat silau atau adaptasi retina parsial, jangan bekerja dengan punggung menghadap ke jendela, karena cahaya yang masuk akan menyebabkan silau pada layar Anda.

Lebh baik tutup jendela dengan tirai untuk mencegah pantulan cahaya. Lalu letakkan layat komputer Anda membelakangi jendela.

5 Tips Video Call Nyaman Saat Work From Home
Ilustrasi Work From Home

3. Lihat dokumen kertas dengan leher lurus
Jangan membaca dari iPad atau kertas yang diletakkan rata di atas meja sehingga kepala harus terus bergerak ke atas dan ke bawah. Jika Anda perlu bolak-balik antara layar laptop atau komputer dan bahan bacaan terpisah, gunakan tempat dokumen vertikal atau letakkan iPad di dudukan tegak.

4. Letakkan keyboard dan mouse atau touchpad Anda di ketinggian yang nyaman di depan
Pastikan Anda dapat menggunakan keyboard dan mouse dengan lengan dan tangan sejajar serta lurus. Pastikan lengan Anda dekat dengan sisi tubuh saat menggunakan mouse.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS