alexametrics

Instagram Buat Perempuan Sering Bandingkan Diri dan Tak Puas pada Tubuh

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Instagram Buat Perempuan Sering Bandingkan Diri dan Tak Puas pada Tubuh
Ilustrasi Stres Gara-Gara Media Sosial. (Shutterstock)

Sebuah studi menemukan, bahwa perempuan yang menggunakan instagram cenderung lebih sering membandingkan diri dan tidak puas dengan tubuhnya.

Suara.com - Platform media sosial dapat membantu orang tetap terhubung satu sama lain, berbagi berita penting, dan mengatur acara. Tetapi banyak peneliti berpendapat bahwa ada kerugian psikologis untuk penggunaan media sosial, terutama untuk perempuan muda.

Dilansir dari Psychology Today, sebuah studi baru dari laboratorium Universitas Northwestern, Body and Media Lab membandingkan hasil penggunaan tujuh menit Instagram dengan tujuh menit Facebook.

Dibandingkan dengan Facebook, perempuan muda yang menggunakan Instagram lebih memikirkan penampilan mereka, lebih membandingkan penampilan mereka dengan orang lain, merasa lebih buruk, dan melaporkan lebih banyak suasana hati yang negatif.

"Sulit untuk melebih-lebihkan dampak media sosial pada psikologi manusia," kata Renee Engeln, Ph.D., professor psikologi di Universitas Northwestern.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Kasus Demam Berdarah Bertambah Hingga 500 Kasus Per Hari

Sebuah laporan tahun 2019 menemukan bahwa lebih dari 3 miliar orang secara aktif menggunakan media sosial, hampir setengah dari populasi dunia.

Berbagai jenis penggunaan media sosial kemungkinan memiliki hasil psikologis yang berbeda. Penggunaan media sosial yang berfokus pada penampilan seperti emposting, mengedit, dan mengomentari foto mungkin lebih buruk untuk citra tubuh perempuan daripada jenis media sosial lainnya.

"Instagram, sebagai platform yang berfokus pada foto dan video, mungkin sangat bermasalah ketika menyangkut bagaimana perasaan perempuan muda tentang penampilan mereka," catat Engeln pada Psychology Today.

Ilustrasi Instagram

"Dalam studi baru ini, kami secara acak menugaskan lebih dari 30 perempuan di perguruan tinggi ke salah satu dari tiga kondisi eksperimental. Untuk berada dalam penelitian, mereka harus mengidentifikasi sebagai pengguna aktif baik Facebook dan Instagram. Dalam setiap kondisi, para wanita menghabiskan tujuh menit menggunakan iPad yang disediakan oleh para peneliti," tambahnya.

Para perempuan dalam penelitian ini menggunakan iPad untuk melengkapi ukuran suasana hati dan citra tubuh baik sebelum maupun setelah aktivitas tujuh menit mereka menggunakan media sosial.

Baca Juga: Perlukah Selalu Mengikuti Berita Viral di Media Sosial? Ini Kata Psikiater

Bagi perempuan yang menggunakan Facebook, kepuasan terhadap tubuh relatif stabil. Tetapi bagi yang ditugaskan untuk menghabiskan tujuh menit di akun Instagram mereka, kepuasan tubuh menurun secara signifikan.

Komentar