Diminta Menkes Tak Stres Hadapi Pandemi, Forum Anak: Pemerintah Tak Teliti

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Diminta Menkes Tak Stres Hadapi Pandemi, Forum Anak: Pemerintah Tak Teliti
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Pesan utama Terawan, anak-anak harus menjaga imunitas tubuhnya juga menerapkan protokol kesehatan agar tidak mudah terinfeksi virus corona.

Suara.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta anak-anak Indonesia tidak stres dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Ia meminta, anak-anak tetap melakukan kegiatan positif yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. 

"Anak-anak saya harapkan bisa menyiasati kondisi ini dengan tidak stres, lakukan kegiatan yang positif dengan terus komunikasi dengan sesama anak-anak dengan bahasa anak-anak, yang akan membuat anak-anak percaya diri sehingga imunitas bisa meningkat," kata Terawan saat melakukan Audiensi Pandemi dari Mata Anak Indonesia bersama Forum Anak Indonesia (FAI), Selasa (14/7/2020).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) didampingi jajarannya mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/5). [ANTARA FOTO/Galih Pradipta]
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. [ANTARA FOTO/Galih Pradipta]

Pesan utama Terawan, anak-anak harus menjaga imunitas tubuhnya juga menerapkan protokol kesehatan agar tidak mudah terinfeksi virus corona.

"Protokol ini harus betul-betul dilaksanakan yaitu pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan. Sehingga saya yakin angka positif atau angka tertular menjadi makin kecil karena dimulai dari anak-anak," ucapnya.

Dalam audiensi tersebut, anak-anak dari FAI menyampaikan pandangan mereka terhadap permasalahan dan penanganan Covid-19 di Indonesia. 

Seperti yang disampaikan perwakilan FAN dari wilayah Indonesia bagian tengah, Muhammad Abilah. Menurutnya, penyebab tingginya angka positif dikarenakan naiknya angka transmisi lokal, salah satunya pekerja yang pulang ke daerah asalnya. 

Hal serupa disampaikan Christin Nebora yang mengkritik kurangnya peran pemerintah dalam melakukan pengawasan.

"Pemerintah kurang teliti terhadap jalur keluar masuk masyarakat ke suatu daerah," katanya. 

Sebagian besar anak-anak juga mengeluhkan, masyarakat di tempat tinggal mereka masih banyak yang kurang taat dalam menerapkan protokol kesehatan di area publik. Mereka berharap pemerintah menyikapi dengan tegas hal tersebut.

"Harapan kami kepada pemerintah dan masyarakat agar mari saling bekerja sama dan bahu membahu melawan Covid-19," ucap Christin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS