alexametrics

Anak Zaskia Adya Mecca Alami Radang Amandel, Kenali Gejalanya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Anak Zaskia Adya Mecca Alami Radang Amandel, Kenali Gejalanya
Anak Zaskia Adya Mecca operasi amandel (Instagram/@zaskiaadyamecca)

Anak Zaskia Adya Mecca menjalani operasi amandel karena meradang yang gejalanya perlu diwaspadai.

Suara.com - Anak kedua Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo, Kala, baru saja menjalani operasi amandel. Menurut Zaskia, kondisi amandel anaknya memang harus segera dioperasi karena sudah kronis.

Meski Kala sudah mengonsumsi obat dari dokter, amandelnya selalu meradang dan sudah penuh bercak putih. Bahkan, Kala juga sering mengalami demam walau sudah minum obat.

"Kenapa harus operasi amandel di saat riweh gini? Karena amandel dia sudah kronis. Dua bulan terakhir dia minum abis 9 antibiotik tapi radang kumat terus plus demam.. amandelnya pun sudah penuh bercak putih, jadi harus segera diangkat atau radang dan demam akan berulang walau da minum obat...," jelas Zaskia Adya Mecca di Instagram.

Sebenarnya, amandel adalah jaringan lunak yang membantu tubuh melawan infeksi. Tapi, virus dan bakteri juga bisa menginfeksi amandel yang menyebabkan peradangan akut.

Baca Juga: Ibu Tidak Menularkan Virus Corona ke Bayi Baru Lahir, Ini Syaratnya

Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, maka radang amandel akut bisa berkembang menjadi kronis. Dilansir dari Hellosehat.com, berikut ini gejala radang amandel pada anak.

Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca bersama anak-anaknya. [Instagram]
Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca bersama anak-anaknya. [Instagram]
  • Demam dan tidak enak badan
  • Sakit tenggorokan
  • Amandel bengkak
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di area leher
  • Kesulitan menelan
  • Bau mulut
  • Berkurangnya nafsu makan

Radang amandel biasanya bisa membaik dengan perawatan rumahan. Tetapi, Anda perlu membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat dan mencegah kondisi semakin parah.

Dokter akan menangani kondisi radang amandel pada anak sesuai penyebabnya. Jika radang amandel disebabkan oleh virus, kondisinya akan pulih sendiri.

Bila radang amandel disebabkan oleh bakteri, dokter akan memberi antibiotik. Jika kondisinya tak kunjung membaik, biasanya dokter akan menyarankan operasi amandel.

Baca Juga: Virus Corona Covid-19 Bisa Picu Gangguan Telinga, Peneliti Temukan Buktinya

Komentar