Mudah Didapat, Lima Makanan Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Mudah Didapat, Lima Makanan Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara
Ilustrasu Makan Sayuran Hijau ( Shutterstock )

Risiko kanker payudara bisa diturunkan dengan berbagai pola makan sehat.

Suara.com - Kanker payudara bisa dialami oleh perempuan dan laki-laki. Setidaknya 43,1 orang per 100 ribu penduduk Indonesia mengalami kanker payudara. 

Ada beberapa tindakan yang bisa mengurangi risiko kanker payudara, salah satunya dengan pola makan sehat. Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa makanan untuk menurunkan risiko kanker payudara, antara lain:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kale, arugula, bayam, sawi disebut memiliki sifat antikanker. Sayuran berdaun hijau sendiri mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang terkait dengan penurunan risiko kanker payudara. 

Sebuah analisis dari 8 studi menemukan bahwa perempuan yang memiliki tingkat karotenoid lebih tinggi berisiko lebih rendah mengalami kanker payudara,

2. Buah Sitrus

Buah sitrus dipenuhi dengan senyawa seperti folat, vitamin C, beta cryptoxanthin, beta karoten, quercetin, hesperetin, dan naringenin yang dapat melindungi tubuh dari risiko kanker payudara. 

Dalam hal ini, buah sitrus bisa dalam bentuk jeruk, jeruk bali, lemon, limau, dan jeruk keprok.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan. Kandungan lemak omega-3, selenium, dan antioksidan canthaxanthin dapat melindungi tubuh dari kanker. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS