Ini Ganguan Kepribadian Ganda yang Dialami Hyun Bin dalam Hyde, Jekyll, Me

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Ini Ganguan Kepribadian Ganda yang Dialami Hyun Bin dalam Hyde, Jekyll, Me
Hyun Bin [Instagram]

Dalam cerita itu, Hyun Bin berperan sebagai Goo Seo Jin yang memiliki kepribadian lain dalam tubuhnya bernama Robin.

Suara.com - Drama Korea Hyde, Jekyll, Me akan tayang di Trans TV mulai Senin (17/8/2020). Serial itu nantinya akan menggantikan drama K2 yang berakhir Jumat (14/8/2020) hari ini.

Hyde, Jekyll, Me sendiri diperankan oleh Hyun Bin dan Han Ji Min sebagai tokoh utama. Drama ini diangkat dari komik webtoon yang bercerita tentang gangguan kepribadian ganda atau dikenal dengan Dissociative Identity Disorder (DID).

Dalam cerita itu, Hyun Bin berperan sebagai Goo Seo Jin yang memiliki kepribadian lain dalam tubuhnya bernama Robin. Berbanding terbalik dengan Seo Jin yang dingin dan cuek tapi pintar berbisnis. Robin hadir sebagai sosok penolong baik hati, penyabar, dan pintar menggambar.

Mengutip WebMD, DID yang diderita Hyun Bin dalam drama itu adalah sebuah gangguan psikologi, yang biasanya disebabkan karena memiliki trauma masa lalu yang berat seperti kekerasan fisik, seksual, dan emosional ekstrem dan berulang.

Lalu, merasa tidak kuat, pikirannya membentuk kepribadian lain untuk menangani masalah tersebut. Sementara kepribadian aslinya malah 'bersembunyi' karena takut atau merasa tidak mampu mengatasinya.

Hyun Bin [Instagram]
Hyun Bin [Instagram]

Karena bersembunyi dalam pikiran, kepribadian ini biasanya tidak saling mengenali, memiliki nama dan karakternya masing-masing. Kepribadian satu dan yang lainnya juga memiliki kenangan masing-masing, dan tidak saling mengingat apa yang dialami si kepribadian lain.

Mereka yang berisiko mengidap DID

Penelitian menyebut 99 persen orang yang mengalami DID pernah mengalami kejadian trauma yang berulang, sering, bahkan bisa mengancam jiwa dan terjadi pada masa anak-anak. Biasanya kejadian dialami saat anak belum berusia 6 tahun.

Penemuan juga mendapati, saat anak dihadapkan pada orangtua yang menakutkan dan tidak terduga anak bisa mengalami DID. DID bisa terjadi 1 persen dari populasi masyarakat.

Gejala DID

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS