Waspada, Nyeri Otot hingga Punggung Bisa Jadi Tanda Kekurangan Vitamin D

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Waspada, Nyeri Otot hingga Punggung Bisa Jadi Tanda Kekurangan Vitamin D
Ilustrasi suplemen vitamin D. (Shutterstock)

Kekurangan vitamin D bisa menimbulkan berbagai masalah di otot dan tulang.

Suara.com - Vitamin pada umumnya sangat penting untuk membantu fungsi tubuh, termasuk vitamin D. Sudah banyak diketahui bahwa vitamin D membantu memperkuat tulang dan dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. 

Saat kekurangan vitamin D, seseorang bisa mengalami masalah otot, seperti lemah otot, nyeri, dan kram. Kekurangan vitamin D juga dapat berupa kelelahan dan depresi.

“Dalam keadaan kekurangan vitamin D, jumlah kalsium yang diserap dalam tubuh tidak mencukupi kebutuhan kalsium tubuh. Hal ini yang mengakibatkan peningkatan produksi dan sekresi hormon paratiroid (PTH)," catat Mayo Clinic.

"Kekurangan vitamin D menyebabkan kelemahan otot dan nyeri otot baik pada anak-anak dan orang dewasa," imbuhnya. 

Baca Juga: Studi Terbaru Ungkap Orang Kekurangan Vitamin D Rentan Terinfeksi Covid-19

Melansir dari Express, sebuah studi yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health menyatakan bahwa kekurang vitamin D bisa ditandai juga dengan nyeri leher, nyeri punggung kronis, hingga otot kejang.

“Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan atau memperburuk sakit leher dan punggung serta otot kejang," catat para peneliti.


Oleh karena itu, para peneliti menyarankan untuk melakukan upaya peningkatan vitamin D. Setidaknya vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari selama 15-20 menit sehari. Vitamin D juga bisa didapatkan dari suplemen, hingga makanan. 

Makan makanan seperti ikan berlemak, hati sapi, dan telur juga akan membantu menjaga kadar vitamin D. Makanan ini juga mampu mengurangi risiko kelemahan otot, nyeri, dan kram.

Asupan vitamin D yang cukup sendiri berperan dalam membantu melindungi diri dari masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker.

Baca Juga: Ingin Tingkatkan Kekebalan Tubuh? Asupan 4 Vitamin ini Bisa Jadi Solusi

Komentar