alexametrics

Di Rumah Saja Bikin Tubuh Pegal dan Nyeri, Lakukan Tiga Tips Dokter ini

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Di Rumah Saja Bikin Tubuh Pegal dan Nyeri, Lakukan Tiga Tips Dokter ini
Tips sehat WFH. (Pexels)

Para dokter merekomendasikan berbagai hal untuk meredakan nyeri dan sakit badan.

Suara.com - Selama pandemi, banyak orang yang terjebak di rumah di mana menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Beberapa keluhan yang sering muncul adalah badan pegal, stres, hingga nyeri otot.

"Jika Anda bekerja dari rumah, menghabiskan lebih banyak waktu di dalam atau tidak tidur nyenyak karena stres, ini dapat memicu risiko mengalami nyeri punggung atau leher yang signifikan," kata Dr. Mona Zall, DO, ahli pengobatan fisik. dan dokter rehabilitasi di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute kepada Bustle.

Melansir dari Bustle, berikut beberapa cara menekan risiko badan sakit, pegal-pegal, hingga stres selama selama bekerja di rumah, antara lain:

Perhatikan Cara Duduk

Baca Juga: Risiko Masalah Kesehatan Jika Terlalu Sering Pakai High Heels

Duduk saat bekerja di rumah bisa sangat berpengaruh pada tubuh Anda. "Duduk sambil melihat perangkat di pangkuan Anda dapat menyebabkan sakit leher dan ketegangan yang parah," kata Dr. Mona Zall, DO.

Jilbab Praktis untuk Dipakai Saat WFH. (Shutterstock)
WFH. (Shutterstock)

"Jika tidak mungkin duduk di depan meja dengan kursi yang sesuai dan ramah ergonomis, cobalah lakukan yang hampir serupa," imbuhnya. 

Dokter Zall juga menyarankan lebih baik untuk menggunakan meja dan kursi dengan kedua kaki menjejak tanah. "Postur yang baik melibatkan penyelarasan tulang belakang di atas panggul," katanya. 

Olahraga

Saat Anda bisa berolahraga, fokuslah pada gerakan yang bisa melemaskan tulang belakang dan otot Anda seperti pilates. "Meskipun peregangan otot dapat bermanfaat bagi tulang belakang Anda, salah satu cara terbaik untuk memperkuat dan melindunginya dari cedera di masa mendatang adalah dengan fokus pada penguatan otot inti dan perut," kata kata Dr. Zall. 

Baca Juga: Sering Sakit Punggung, Coba Rutin Konsumsi Kunyit

Dia merekomendasikan olahraga crunch dan plank yang tidak membutuhkan peralatan fitnes. 

Plank (Pexels)
Plank (Pexels)

Menangani Stres 

Stres bukan hanya berefek langsung pada mental namun juga pada otot. "Banyak orang cenderung membawa efek stres pada otot mereka," kata Dr. Neel Anand M.D., profesor bedah ortopedi di Cedars-Sinai Spine Center, kepada Bustle

"Ketika kita cemas atau khawatir, respons fisiologis tubuh kita menjadi tegang. Dan ini bisa dibilang beberapa saat paling stres dalam hidup kita," tambahnya. 

Anand merekomendasikan untuk melihat hal-hal yang menenangkan dan mengendurkan otot Anda, termasuk meditasi, melakukan teknik pernapasan dalam, atau yoga. 

Komentar