Terkait Masalah Otak, Flu Bisa Bikin Linglung dan Perparah Depresi

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Terkait Masalah Otak, Flu Bisa Bikin Linglung dan Perparah Depresi
Ilustrasi menderita flu, pilek dan batuk. (Shutterstock)

Para ahli menunjukkan bahwa flu bisa berefek pada masalah mental dan linglung,

Suara.com - Flu dengan beberapa gejala yang mengganggu seperti pilek, batuk, nyeri di beberapa bagian tubuh, hingga hidung mampet mungkin bisa berefek pada masalah mental. Dengan gejala tersebut, flu juga disebut berisiko membuat orang mudah tersinggung dan linglung

"Merasa linglung saat terkena influenza bukanlah hal yang jarang," kata Dr. Sanjeev Jain, M.D., ahli alergi dan imunologi bersertifikat dan pendiri Columbia Allergy seperti yang dikutip dari Bustle

"Ada hubungan yang sangat erat antara sistem saraf dan kekebalan kita," imbuhnya. 

Sangat masuk akal jika otak Anda menjadi kacau saat sistem kekebalan bekerja keras untuk melawan infeksi. "Beberapa jenis influenza, dapat menyelinap melewati sistem kekebalan Anda dan menembus otak di mana menyebabkan peradangan yang meluas melalui penanda peradangan," kata Dr. Anita Skariah, DO, seorang dokter spesialis penyakit dalam dan pediatri di UNC Healthcare . 

Baca Juga: Waspada Pola Makan yang Tak Sehat Bisa Berefek pada Kesehatan Mental

"Satu area tertentu di otak yang disebut hipokampus terkait dengan memori juga bisa terpengaruh, sementara masalah ingatan karena flu mungkin muncul dengan gejala kesulitan konsentrasi dan mempertahankan fokus Anda," kata Skariah.

Selain linglung, flu juga terkait satu sama lain dengan kesehatan mental, khususnya depresi. "Depresi diketahui meningkatkan hormon stres kita serta sitokin proinflamasi yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan peradangan sekaligus menekan kemampuan kita untuk melawan infeksi tertentu," kata Jain. 

Dengan kata lain, semakin banyak hormon stres akibat depresi, maka semakin buruk gejala flu yang mungkin Anda alami. Sementara flu juga bisa memperparah gejala depresi.

"Karena depresi dan flu dapat diperburuk oleh satu sama lain, semua individu dengan riwayat depresi perlu memiliki rencana tindakan untuk mencegah flu," kata Jain.

Baca Juga: Ditendang Oleh Wanita di Bar, Testis Pria Ini Alami Pembekuan Darah!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS