Penelitian Jepang: Jus Kesemek Bisa Buat Virus Corona Jadi Tak Berbahaya?

Vania Rossa
Penelitian Jepang: Jus Kesemek Bisa Buat Virus Corona Jadi Tak Berbahaya?
Ilustrasi kesemek. (Shutterstock)

Disebutkan dalam penelitian bahwa jus kesemek dapat menetralkan virus corona sehingga tak lagi berbahaya. Benarkah?

Suara.com - Di tengah upaya sejumlah peneliti dunia dalam menciptakan vaksin Covid-19, sebuah studi di Jepang menyebutkan bahwa jus kesemek dapat menyebabkan virus corona menjadi tidak berbahaya.

Para peneliti di Nara Medical University menemukan bahwa jus kesemek, atau yang biasa disebut dengan nama kakishibu, dalam dosis yang sangat terkonsentrasi, dapat membuat virus corona hampir tidak berbahaya.

Dilansir dari SoraNews24, penelitian ini melakukan pengujian dengan mencampurkan virus corona, air liur, dan jus kesemek, serta mendiamkannya selama 10 menit. Setelah 10 menit berlalu, ditemukan bahwa virus telah didetoksifikasi.

Meski begitu, Anda jangan buru-buru pergi ke supermarket atau ke pasar untuk mencari buah kesemek, ya. Karena untuk mendapatkan jus kesemek ini tidaklah mudah. Kesemek yang digunakan bukanlah sembarang kesemek. Bahkan, untuk mendapatkan jusnya pun bukan dengan cara sekadar memeras atau memblender buah.

Baca Juga: Sempat Terpapar Corona, Pejabat DKI Ini Sudah Sembuh

Cairan yang digunakan untuk campuran tersebut dibuat dengan mengekstrak sari buah kesemek yang belum matang, dan sari buah tersebut kemudian difermentasi dan disimpan selama beberapa waktu.

Menurut para peneliti, hanya makan buah kesemek yang matang tidak akan menghasilkan apa-apa. Uji coba dan penelitian ekstensif masih perlu dilakukan untuk mengetahui potensi dan waktu tepat yang diperlukan untuk menetralkan virus corona.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS