Awas, Ruam Biang Keringat Bisa Jadi Tanda Lain Virus Corona Covid-19

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Awas, Ruam Biang Keringat Bisa Jadi Tanda Lain Virus Corona Covid-19
Ilustrasi ruam dan biang keringat (Shutterstock)

Biang keringat dan cacar air adalah ruam yang paling umum terkait dengan gejala virus corona Covid-19.

Suara.com - Virus corona Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 30 juta orang di seluruh dunia. Gejala umum virus corona Covid-19 yang diketahui berupa batuk persisten, demam hingga kehilangan bau dan rasa.

Tapi, ada pula pasien Covid-19 yang mengembangkan gejala lain. Menurut Aplikasi Studi Gejala Covid-19, hampir 10 persen pasien mengembangkan ruam baru di tubuh, jari tangan dan kakinya.

Lalu, lebih dari seperlima orang yang menggunakan aplikasi juga mendapat hasil tes swab positif virus corona Covid-19. Mereka yang positif Covid-19 juga mengembangkan ruam sebagai satu-satunya gejala.

Para ilmuwan yang meluncurkan aplikasi dari King's College London, telah mendesak pemerintah untuk menambahkan ruam ke dalam daftar gejala virus corona Covid-19.

Baca Juga: Ahli Inggris Temukan Petugas Medis Berisiko Jadi OTG dan Sebarkan Virus

Sehingga publik akan lebih sadar mengenai hubungan antara ruam dan virus corona Covid-19. Kesadaran ini tidak hanya mengurangi jumlah tes positif virus corona, tetapi juga akan menyelamatkan nyawa banyak orang.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

"Berkat jutaan pengguna aplikasi, kami bisa dengan cepat mengonfirmasi hubungan antara ruam kulit dan virus corona Covid-19," kata pemimpin aplikasi gejala Covid-19, Tim Spector dikutip dari Express.

Tapi, waktu munculnya ruam juga berkaitan dengan gejala virus corona Covid-19 lainnya, serta jenis ruam berbeda pada kelompok usia yang berbeda.

"Kami sangat berterima kasi kepada semua pengguna aplikasi yang memberikan gambar kondisi ruam kulitnya terkait virus corona. Kami telah meminta pemerintah untuk menambahkan ruam kulit ini ke dalam daftar gejala umum virus corona," jelasnya.

Adapun jenis ruam kulit yang paling umum terkait virus corona Covid-19 mirip dengan masalah kulit akibat gatal-gatal. Ruam lainnya termasuk ruam jenis cacar air atau ruam biang keringat.

Baca Juga: Ahli Inggris: Face Shield 100 Persen Tak Bantu Cegah Virus Corona Covid-19!

Bahkan ada pula ruam di jari kaki terkait virus corona Covid-19 yang bisa berkembang di ekstremitas. Kondisi ini telah disamakan dengan chilblains, peradangan pembuluh darah yang muncul ketika kedinginan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS