alexametrics

Ahli Sarankan Minum Kopi setelah Sarapan Pagi, Mengapa?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ahli Sarankan Minum Kopi setelah Sarapan Pagi, Mengapa?
Ilustrasi minum kopi setelah sarapan (shutterstock)

Ahli sarankan seseorang lebih baik minum kopi setelah sarapan daripada sebelumnya.

Suara.com - Banyak orang mungkin memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas dan sarapan. Tetapi, sebuah penelitian justru mendesak semua orang untuk selalu minum kopi di pagi hari setelah sarapan, bukan sebelumnya.

Peneliti dari University of Bath mengungkapkan bahwa minum kopi sebelum makan atau saat buka puasa bisa mengganggu kontrol kadar gula darah dalam tubuh.

"Kami tahu bahwa hampir setengah dari kita selalu bangun pagi hari, lalu minum kopi sebelum beraktivitas. Jika seseorang merasa lelah, maka semakin kuat kadar kopi yang dikonsumsinya," jelas Profesor James Betts dikutip dari Mirror UK.

Menurut James Betts, studi ini penting demi memiliki implikasi kesehatan yang luas karena pengetahuan yang terbatas bisa berdampak pada pengendalian metabolisme dan gula darah.

Baca Juga: Bukti Baru, Ilmuwan Beijing Temukan ASI Bisa Lawan Virus Corona Covid-19

Sederhananya, kontrol gula darah adalah bagian tubuh yang bekerja pertama kali ketika seseorang minum kopi, terutama setelah mengalami gangguan tidur. Karena itu, seseorang disarankan untuk makan dulu sebelum minum kopi.

Ilustrasi minum kopi
Ilustrasi minum kopi (shutterstock)

Dalam studi tersebut, para peneliti meminta 29 pria dan wanita sehat untuk menjalani 3 eksperimen yang berbeda-beda semalam secara acak.

Pada percobaan pertama, partisipan memiliki tidur malam yang normal dan diminta untuk mengonsumsi minuman manis ketika bangun tidur di pagi harinya.

Percobaan kedua, partisipan mengalami gangguan tidur malam dan konsumsi minuman manis yang sama saat bangun tidur.

Percobaan terakhir, partisipan mengalami gangguan tidur malam tapi diminta minum kopi hitam kental 30 menit sebelum konsumsi minuman manis.

Baca Juga: Sering Mengantuk di Siang Hari? Jangan Minum Kopi, Coba 5 Tips Berikut Ini

Pada setiap tahapan eksperimen, peneliti selalu mengambil sampe darah dari partisipan setelah konsumsi minuman manis.

Komentar