facebook

Hari Kesehatan Mental Sedunia, 3 Tips Sederhana agar Tetap Waras selama WFH

Yasinta Rahmawati
Hari Kesehatan Mental Sedunia, 3 Tips Sederhana agar Tetap Waras selama WFH
Illustrasi Work From Home

Tiga cara sedehana ini bisa dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga.

Suara.com - Karena pendemi Covid-19 sejak awal 2020, bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) mungkin bukan menjadi hal asing lagi bagi banyak karyawan. Meski demikian, bekerja dari rumah untuk waktu yang lama dapat memengaruhi kesehatan mental. Pada beberapa kasus, rasa kesepian, kecemasan, mudah marah hingga depresi sangat mungkin melanda.

Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap 10 Oktober, ketahui kiat sederhana menjaga kesehatan mental saat WFH selama pandemi Covid-19, dirangkum dari Forbes.

1. Tetap terhubung dengan orang lain

WFH yang merupakan bentuk upaya isolasi mandiri mungkin sulit bagi orang yang bekerja sendiri. Koneksi adalah kuncinya, dan ini bisa menjadi tantangan ketika Anda tidak meninggalkan rumah untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Jelang Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, TikTok Ajak Peduli Kesehatan Mental

Jadi, ingatlah untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, meskipun itu hanya dapat dilakukan melalui panggilan Zoom atau video call.

Selalu kirim pesan teks kepada seseorang yang Anda sayangi, baik itu pasangan, keluarga maupun sahabat-sahabat Anda.

Ilustrasi work from home (freepik)
Ilustrasi work from home (freepik)

2. Miliki rutinitas dan konsekuen melakukannya

Berpegang teguh pada rutinitas tidak berarti Anda harus mematuhi standar lama jam kantor 9-5, dan hanya mengambil waktu istirahat di malam hari.

Ini berarti bahwa Anda memiliki sistem untuk bangun tepat waktu, bersiap-siap, merasa percaya diri, dan menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu.

Baca Juga: Pengguna TikTok Diajak Membuat Video Tantangan Kesehatan Mental

Jika Anda melakukan ini secara teratur, ini akan terasa lebih alami dari waktu ke waktu, dan Anda tidak perlu terlalu terbebani. Dengan mematuhi rutinitas, Anda memastikan tugas terpenting selalu selesai tepat waktu dan tidak menundanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar