alexametrics

Penuhi Asupan Serat, Coba Konsumsi 6 Buah Sehat Ini!

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Penuhi Asupan Serat, Coba Konsumsi 6 Buah Sehat Ini!
Ilustrasi buah-buahan

Ada berbagai buah yang mengandung berbagai serat alami menyehatkan, apa saja?

Suara.com - Konsumsi makanan berserat dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Serat juga bisa menurunkan kolesterol dan membantu mengontrol berat badan.

Makanan berserat tinggi seperti buah dan sayuran cenderung lebih rendah kalori. Selain itu, serat dari makanan buah dan sayur juga dapat memperlambat pencernaan di perut dan merasa kenyang lebih lama. Melansir dari Healthline, berikut adalah makanan berserat tinggi yang baik untuk kesehatan, antara lain:

1. Pir

Pir menjadi salah satu buah terbaik dengan kandungan serat tinggi. Satu buah pir mengandung sekitar 5,5 gram serat.

Baca Juga: Lezatnya Istimewa, Mencicipi Kuliner Pacri Nanas Khas Kalimantan Barat

2. Stroberi

Stroberi adalah buah yang padat nutrisi, mengandung banyak vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan kuat. Setiap 100 gram stroberi mengandung 2 gram serat. Cobalah membuat smoothie campuran stroberi dan pisang yang nikmat.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik dengan sarat dan lemak sehat. Alpukat sangat tinggi vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan berbagai vitamin B. Mereka juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Setiap 100 gram alpukat mendandung 6,7 gram serat.

Ilustrasi alpukat. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi alpukat. (Sumber: Shutterstock)

4. Apel

Baca Juga: Baik Untuk Bayi, Ini 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji

Apel relatif tinggi serat di mana mengandung 2,4 gram serat pada setiap 100 gram.

5. Respberry

Raspberry merupakan buah bergizi dengan rasa yang sangat kuat, vitamin C dan mangan. Setiap 100 gram raspberry mengandung 6,2 gram serat.

6. Pisang

Pisang merupakan sumber nutrisi yang baik, termasuk vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Satu pisang ukuran sedang mengandung 3,1 gram serat atau 2,6 gram serat pada setiap 100 gram pisang. 

Komentar