Minuman dengan Pemanis Buatan Berdampak Buruk pada Kesehatan Jantung

Angga Roni Priambodo, Rosiana Chozanah

Selasa, 27 Oktober 2020 | 20:15 WIB
Minuman dengan Pemanis Buatan Berdampak Buruk pada Kesehatan Jantung
Ilustrasi minum minuman bersoda. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah studi menemukan bahwa minuman yang mengandung pemanis buatan justru lebih berbahaya dari minuman dengan gula asli, terlebih bagi jantung.

"Studi kami menunjukkan minuman yang dimaniskan secara buatan mungkin bukan pengganti yang sehat untuk minuman dengan gula asli," kata penulis studi Eloi Chazelas. mahasiswa doktoral dan anggota tim peneliti epidemiologi nutrisi di Sorbonne Paris Nord University.

Mendukung pernyataan tersebut, ahli jantung Andrew Freeman dari American College of Cardiology menjelaskan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula buatan memiliki 'hubungan buruk' dengan kardivaskular dan aspek kesehatan lain.

Misalnya, tambah Freeman, dibandingkan dengan wanita yang minum soda, minuman olahraga atau jus kurang dari sekali sebulan, wanita yang minum lebih dari dua porsi sehari (baik gelas, botol, atau kaleng) memiliki 63 persen peningkatan risiko kematian diri.

Sedangkan pria yang mengonsumsi lebih dari dua porsi memiliki peningkatan sebesar 29 persen, menurut studi 2019, dilansir CNN.

Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)
Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)

"Banyak orang berkata, 'Ya, mungkin soda diet dan minuman dengan pemanis buatan lebih daripada minuman yang dimaniskan dengan gula'. Tapi ada bukti menunjukkan bahwa ada kemungkinan bahaya, terutama pada wanita," ujar Freeman.

Minum empat atau lebih minuman yang dimaniskan secara buatan, berdasarkan studi 2019 lain, dapat meningkatkan risiko kemtaian dini akibat kardiovaskular pada wanita.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan hubungan antara minuman ini dengan stroke, demensia, diabetes tipe 2, obesitas, dan sindrom metabolik, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Itulah sebabnya Freeman memberi tahu pasiennya untuk memilih minuman dengan bijak.

baca juga

"Saya memberi tahu mereka bahwa minuman yang sempurna untuk konsumsi manusia adalah air putih. Mungkin dengan teh dan kopi tanpa pemanis. Sisanya mungkin tidak boleh dikonsumsi secara teratur," imbuh Freeman

Studi baru yang terbit pada Senin (26/10/2020) di Journal of American College of Cardiology, menganalisis data lebih dari 100 ribu sukarelawan Prancis dewasa yang berpartisipasi dalam NutriNet-Santé Prancis, studi nutrisi yang diluncurkan sejam 2009 hingga sekarang.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Resep Susu Almond, Mudah dan Super Sehat Tanpa Pemanis Buatan

Resep Susu Almond, Mudah dan Super Sehat Tanpa Pemanis Buatan

Lifestyle | Senin, 26 Oktober 2020 | 12:08 WIB

Pemanis Buatan Rendah Kalori Beri Dampak Kesehatan yang Sama Seperti Gula?

Pemanis Buatan Rendah Kalori Beri Dampak Kesehatan yang Sama Seperti Gula?

Health | Minggu, 14 Juli 2019 | 13:55 WIB

Awas Terserang Penyakit ini Karena Konsumsi Pemanis Buatan

Awas Terserang Penyakit ini Karena Konsumsi Pemanis Buatan

Health | Selasa, 08 Januari 2019 | 14:30 WIB

Terkini

Jalan Gelap Membawa Petaka: 3 Nyawa Melayang Usai 2 Motor Terlibat Adu Banteng di Mojokerto

Jalan Gelap Membawa Petaka: 3 Nyawa Melayang Usai 2 Motor Terlibat Adu Banteng di Mojokerto

Jatim | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:01 WIB

Sambut HUT RI, Monumen 9 Pilar Bogor Berbalut Merah Putih

Sambut HUT RI, Monumen 9 Pilar Bogor Berbalut Merah Putih

Foto | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:00 WIB

5 Gold ETF Syariah Resmi Diluncurkan, Analis Soroti Dampaknya Pada Pasar Emas

5 Gold ETF Syariah Resmi Diluncurkan, Analis Soroti Dampaknya Pada Pasar Emas

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:57 WIB

Akses Keuangan Melesat, Literasi Tertinggal: Trader Muda Diminta Waspadai Risiko

Akses Keuangan Melesat, Literasi Tertinggal: Trader Muda Diminta Waspadai Risiko

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:54 WIB

Bocoran HP Agustus 2026: Ada yang Punya Kamera Robot

Bocoran HP Agustus 2026: Ada yang Punya Kamera Robot

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:50 WIB

Apa Penyebab Uban Muncul di Usia Muda? Bukan Cuma Faktor Genetik

Apa Penyebab Uban Muncul di Usia Muda? Bukan Cuma Faktor Genetik

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:49 WIB

PFII Bakal Bermarkas di Bali, Emiten WINE Bidik Peluang dari Masuknya Investor Global

PFII Bakal Bermarkas di Bali, Emiten WINE Bidik Peluang dari Masuknya Investor Global

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:44 WIB

Kakak Angelina Jolie Berharap Bisa Sambung Silahturahim dengan Adiknya Setelah Mengaku Gay

Kakak Angelina Jolie Berharap Bisa Sambung Silahturahim dengan Adiknya Setelah Mengaku Gay

Entertainment | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:43 WIB

9 Saham Indonesia Dihapus dari MSCI, Emiten Milik Hary Tanoesoedibjo dan 1 BUMN Hilang Status

9 Saham Indonesia Dihapus dari MSCI, Emiten Milik Hary Tanoesoedibjo dan 1 BUMN Hilang Status

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:35 WIB

Bikin Haru! Aksi Seru Anak-Anak Disabilitas SLBN 1 Makassar Rayakan HUT RI

Bikin Haru! Aksi Seru Anak-Anak Disabilitas SLBN 1 Makassar Rayakan HUT RI

Sulsel | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:28 WIB

×